Himpunan Puan-Puan Melayu Mandau Dikukuhkan, Diharapkan Berperan dalam Pembangunan

id , himpunan puan-puan, melayu mandau, dikukuhkan diharapkan, berperan dalam pembangunan

  Himpunan Puan-Puan Melayu Mandau Dikukuhkan, Diharapkan Berperan dalam Pembangunan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Bertempat di gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Mandau, Kelurahan Batang Serosa, Duri, Himpunan Puan-Puan Melayu Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Haholongan, Rabu (30/3).

Dalam sambutan tertulisnya, Amril mengatakan, kiprah kaum perempuan dalam bahasa Melayu disebut puan-puan dalam pembangunan sangatlah diperlukan. Apalagi berdasarkan data statistik, termasuk di Kabupaten Bengkalis, secara kuantitatif jumlahnya lebih banyak dibandingkan kaum lelaki.

“Secara kuantitatif, eksistensi kaum perempuan merupakan salah satu modal pembangunan yang sangat besar apabila keberadaannya benar-benar diberdayakan secara optimal,” kata Haholongan, Rabu.

Menurut dia, selain argumentasi normatif, kaum perempuan memang memiliki hak dan kesempatan yang sama, terdapat suatu kenyataan penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi kaum perempuan akan efektif dan efisien apabila dilakukan kaum perempuan itu sendiri.

“Untuk itu, diharapkan kepada kaum perempuan di daerah ini, termasuk yang tergabung dalam himpunan puan-puan Melayu Kecamatan Mandau, diharapkan agar benar-benar dapat mengambil peran strategis dalam proses pembangunan di Kabupaten Bengkalis, khususnya di Mandau,” katanya.

Perempuan harus ambil bagian secara aktif lanjutnya lagi, dan ikut memastikan arah gerak pembangunan daerah, sehingga mendapatkan hak dasarnya sebagai manusia yang mulia.

“Dengan keterlibatan kaum perempuan, kepentingan kaum perempuan akan lebih tersalurkan. Kebijakan-kebijakan yang muncul juga akan mencerminkan suatu kebijakan yang berorientasi pada kesetaraan dan keadilan gender," katanya.

Adapun pengurus Puan-Puan Melayu Mandau yang berjumlah 60 orang dan dikukuhkan Pelaksana Tugas Camat Mandau, Sapon itu, diantaranya Hj Rasimah (Ketua), Maharani (Sekretaris) dan Maria Helwati (Bendahara).

Selain Camat Pinggir, Nazli, terlihat hadir dalam pengukuhan pengurus untuk masa khidmat 2016-2020 itu, anggota DPRD Bengkalis H Thamrin Mali dan Ketua Dewan Pengurus Harian LAMR Mandau, Zulfikar.