Wakili Riau Tingkat Nasional, Kuansing Gelar Lomba Kebersihan Pasar Desa

id wakili riau, tingkat nasional, kuansing gelar, lomba kebersihan, pasar desa

Wakili Riau Tingkat Nasional, Kuansing Gelar Lomba Kebersihan Pasar Desa

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar lomba kebersihan pasar desa dalam rangka meraih prestasi tingkat nasional sebagai wakil dari Riau.

"Kami menggelar lomba itu agar pengelolaan sejumlah pasar yang ada bisa menjaga kebersihan," kata Kepala Dinas Pasar Kuantan Singingi Azhar di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, lomba ini diikuti sebanyak 32 pasar desa se- Kuansing, ada 12 kecamatan yang mengikuti karena tiga kecamatan lainnya tidak memiliki pasar desa yakni Inuman, Cerenti dan Benai yang saat ini proses lomba sudah berjalan lancar.

Pasar desa (PD) yang ada sudah sangat baik, bahkan ada sejumlah PD memenuhi kreteria untuk dijadikan pasar kecamatan, namun demikian pengelolaannya harus optimal agar lingkungan terlihat bersih, aman.

"Panitia akan menilai WC, kebersihan lingkungan, mushallah," sebutnya.

Kepala Dinas juga mengatakan, dari 32 pasar itu akan dipilih enam pasar untuk mendapatkan reward dari Dinas Pasar yang bakal diikutkan mengunjungi pasar desa yang meraih prestasi secara nasional dan tentunya diwakili oleh ketua pengelolaan pasar.

"Kami juga akan mengikut sertakan satu juara umum untuk berlomba secara nasional tahun 2016," ujarnya.

Pasar itu nantinya akan bersaing dengan 36 provinsi yang mewakili daerahnya masing - masing, untuk itu diyakini ada satu pasar di Kuansing yang layak untuk itu dan optimis bisa menang secara nasional karena telah memliki sejumlah fasilitas pendukung yang baik.

Jika lomba ini berhasil maka diharapkan kedepannya, semua pasar desa tetap terlihat baik, bersih dan pengelolaannya secara optimal sehingga tujuan pasar itu tercapai khusunay tempat transaksi jula beli yang dilakukan setiap pekan.

Lomba sudah berlangsung dan akhir Maret 2016 sudah ditentkan siapa pemenangnya dan berhak mewakili Provinsi iau tingkat nasional karena untuk di provinsi hanya Kuansing yang menggelar lomba kebersihan pasar desa tersebut.

"Maka dipastikan Kuansing akan wakili Riau secara nasional," ucapnya. (ADV)