Di Bengkalis Tiap Desa Terima Dana Rp2,1 hingga Rp4,1 Miliar

id di bengkalis, tiap desa, terima dana, rp21 hingga, rp41 miliar

Di Bengkalis Tiap Desa Terima Dana Rp2,1 hingga Rp4,1 Miliar

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyampaikan, masing-masing desa di daerah itu akan menerima total transfer dana berkisar antara Rp 2,3 miliar hingga Rp 4,1 miliar tahun 2016.

"Masing-masing desa akan menerima total dana transfer, baik itu yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada kisaran antara Rp2,3 miliar sampai Rp4,1 milyar per desa," kata Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie, di Bengkalis, Kamis.

Ia mengatakan, dana-dana tersebut merupakan pendapatan desa, dan Pemkab akan segera menginformasikan kepada kepala desa dan camat di daerah itu.

Kepada masing-masing desa, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini menekankan, agar program dan kegiatan nantinya disusun dalam APB Desa 2016.

"Benar-benar difokuskan pada empat aspek," katanya.

Keempat aspek tersebut lanjutnya, pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar, pemberdayaan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang menjadi kewenangan desa.

Sementara itu, lanjutnya, pada tahun 2016 ini ada dua desa yang memperoleh dana bantuan keuangan untuk pembangunan kantor desa yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bengkalis.

"Kedua desa yang dimaksudkan Ahmad Syah itu adalah Desa Muntai, Kecamatan Bantan, dan Desa Pematang Obo, Kecamatan Mandau," ujarnya.