BPS Rohil Lakukan Sensus Ekonomi Mei 2016

id bps rohil, lakukan sensus, ekonomi mei 2016

BPS Rohil Lakukan Sensus Ekonomi Mei 2016

Rokan Hilir, Riau (Antarariau.com) - Puluhan peserta yang terdiri dari kalangan dinas di lingkungan Pemkab Rohil, lurah dan tokoh masyarakat menyimak serius pemaparan yang disampaikan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Riau Mawardi Arsyad tentang pentingnya kegiatan Sensus Ekonomi yang akan digelar pada Mei 2016.

Acara yang digelar BPS Rohil ini dibuka secara resmi oleh Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, hadir saat bersamaan kepala BPS Rohil Guswandi, kepala Bappeda HM. Job Kurniawan, Asisten II H. Hasrial dan Asisten III H. Ali Asfar, Rabu.

Sebelum membuka kegiatan, Sekda Rohil mengatakan bahwa kegiatan Senus ini perlu dikerjakan dengan baik karena hal ini terkait dengan data selama lima tahun mendatang.

"Kepada petugas agar nantinya berkerja bersungguh-sungguh, karena dengan data tersebut nantinya bisa menjadi acuan pemerintah dalam membuat program kedepan,' kata Surya Arfan.

Sementara itu Kepala Bappeda Rohil HM Job Kurniawan sebagai salah satu pemateri menjelaskan, tujuan sensus ini adalah untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, tanpa terkecuali sektor pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pengembangan.

"Tujuannya untuk memberikan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi dan memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi," sebut Job.

Ketua BPS Provinsi Riau Mawardi Arsyad menyebutkan, semua BPS se Riau siap melaksanakan sensus pada 1-31 Mei mendatang.

"Lewat kegiatan statistik maka bisa timbul prakiraan untuk kegiatan kedepannya dengan merujuk pada data dan angka yang ada," tutur Mawardi Arsyad.

Ia berharap dengan sosialisasi ini sebagai langkah penyebarluasan informasi terutama kepada pelaku ekonomi bahwa dalam waktu dekat akan digelar pelaksanaan Sensus Ekonomi.

"Tentunya kami harapkan pelaku ekonomi mulai dari rumah tangga, swasta hingga pemerintah memberikan jawaban sejujurnya kepada petugas sensus menyangkut hal yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi," imbuhnya.

Dari sensus itu nantinya bisa diperoleh gambaran tentang kondisi ekonomi baik di tingkat kabupaten maupun Propinsi Riau dan mendukung data yang berlaku secara nasional, karena skala kegiatan berlaku secara nasional, mulai dari Aceh hingga Papua.

"Nah, hasil inilah merupakan sebagai evaluasi pembangunan dan arah kebijakan yang akan dijalankan berdasarkan pada potret ekonomi yang ada," katanya.

Kepala BPS Rohil Guswandi menambahkan, untuk kegiatan sensus ekonomi di Rokan Hilir pihaknya akan mengerahkan sekitar 400-an petugas sensus, dengan masa tugas terhitung 1 sampai 31 Mei, dan nantinya sebanyak 19 item akan dilakukan pendataan dengan sistem cacah baik di kota maupun pedesaan.

"Untuk Rohil lebih cenderung kepada sektor jasa konstruksi, jasa kesehatan dan perdagangan," katanya mengakhiri.

(adv(

Oleh Dedi Dahmudi