Bupati: Evaluasi Terus Program DMIJ Inhil

id bupati evaluasi, terus program, dmij inhil

Bupati: Evaluasi Terus Program DMIJ Inhil

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan meminta agar pelaksanaan program Desa Maju Inhil Jaya atau DMIJ diawasi dengan ketat dan perlu ada evaluasi secara berkala terhadap semua kegiatan di seluruh desa yang mendapat bantuan program tersebut.

"Secara konsisten akan kita lakukan penilaian, tujuannya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar berlomba-lomba memperbaiki desa mereka," kata Wardan, di Tembilahan, akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan, pemerintah mengalokasi dana yang tidak sedikit untuk program DMIJ. Kategori desa mulai dari yang terendah, yaitu Swadaya mendapatkan anggaran sebesar Rp350 juta, sedangkan desa yang paling besar bantuan atau Desa Maju mendapat sebesar Rp1,2 miliar.

Maka dari itulah, dikatakannya jika sebuah desa masih dalam kategori Swadaya, maka masyarakatnya harus berusaha saling bekerjasama agar tingkatan penilaian desa mereka terus meningkat menjadi desa Swakarya, Swasembada, lalu menjadi Desa Maju.

Ia mengakui memang tidak mudah dari Swadaya menjadi Swakarya, karena ada 80 indikator yang harus dipenuhi. Namun, ia yakin masyarakat akan bisa bergotong-royong untuk meningkatkan taraf hidup mereka dengan program stimulus dari pemerintah daerah tersebut.

"Jika dilakukan bersama-sama, saya yakin suatu desa dapat naik level setiap tahunnya hingga jadi Desa Maju," ujarnya. (adv)