Sambut Imlek Harga Kebutuhan Di Pekanbaru Stabil

id sambut imlek, harga kebutuhan, di pekanbaru stabil

Sambut Imlek Harga Kebutuhan Di Pekanbaru Stabil

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menjelang perayaan tahun baru imlek 2566 yang jatuh pada tanggal 19 Februari, harga-harga kebutuhan pokok seperti cabai merah, tomat, minyak goreng, telur, dan gula di beberapa pasar Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, relatif stabil.

"Tidak ada kenaikan harga yang berarti, cabai merah saja yang biasanya mahal kini tidak naik," kata Mita (35), ibu rumah tangga warga Jalan Durian, Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan kenaikan harga telah terjadi ketika harga bahan bakar minyak (BBM) dinaikkan beberapa waktu lalu. Sementara menjelang tahun baru Imlek ini tidak ada gejolak kenaikan harga sama sekali. Tidak seperti tahun lalu di mana setiap akan ada perayaan hari besar keagamaan harga-harga khususnya cabai merah, tomat, bawang merah dan putih serta sayuran mengalami kenaikan drastis.

"Sekarang saja harga cabai merah kisaran Rp17.000 - Rp20.000 per kilogram," kata dia.

Hal yang sama juga diakui oleh Sinaga, agen cabai merah di pasar Senapelan, Pekanbaru. Dia menjelaskan stok cabai merah saat ini cukup berlimpah di wilayah itu, sehingga walau ada momen tahun baru Imlek, harga tidak mengalami kenaikan berarti. Kedatangan kiriman cabai merah dari Medan, Sumbar dan Pulau Jawa masih berlimpah seperti biasanya.

"Kalau dulu saat hari raya harga cabai bisa ratusan ribu, sekarang stabil," papar dia.

Bahkan menurut dia, harga kebutuhan lainnya seperti tomat sayur justru cenderung turun dibandingkan harga saat kenaikan BBM. Kini tomat sayur dihargai Rp4.000-Rp5.000/kilogramnya.

Menurut dia, untuk perayaan kali ini juga sepertinya tidak ada lonjakan yang berarti terhadap pembelian bahan kebutuhan pokok khususnya cabai dan sayuran. Meski diakuinya dulu juga demikian, namun karena stok berlimpah pedagang tidak bisa berspekulasi menahan barang untuk menaikkan harga karena takut busuk.

"Kalau dulu stok memang terbatas saat-saat seperti ini, jadi pedagang bisa menyimpan sehingga harganya naik," kata dia.

Berdasarkan pengamatan Antara di beberapa pasar Pekanbaru, seperti Pasar Cikpuan, Senapelan, harga cabai merah diperdagangkan Rp20.000/kg, tomat medan dihargai Rp5.000/kg, bawang merah Rp20.000/kg, bawang putih Rp16.000/kg, telur ayam ras Rp1.200/butir, minyak curah Rp12.000/liter.