Wilmar Dumai Nyatakan Komitmen Tidak Bakar Lahan

id wilmar dumai, nyatakan komitmen, tidak bakar lahan

Wilmar Dumai Nyatakan Komitmen Tidak Bakar Lahan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Perusahaan industri pengolahan minyak mentah kelapa sawit PT Wilmar Grup di Dumai Riau menyatakan komitmennya untuk menjaga lingkungan dan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Komitmen wilmar ini pernah disepakati bersama perusahaan lain, yaitu tegas tidak melakukan perusakan lingkungan dan tidak membakar lahan," kata General Manager Wilmar Dumai Tanmin kepada pers, Jumat.

Dia menyebutkan, perusahaan yang beroperasi di pinggir pantai Dumai dengan luas lahan mencapai seribu hektar ini kerap dituding membakar lahan ketika terjadi kebakaran hutan yang berdampak timbul kabut asap.

Meski begitu, pihaknya dapat memaklumi kondisi tersebut karena dengan kepemilikan lahan yang cukup luas di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai tentu saja asumsi masyarakat tidak bisa dihindari terkait kebakaran hutan.

Perusahaan dengan jumlah pekerja mencapai 1.850 orang ini, lanjut dia, juga telah menyiapkan regu pemadam kebakaran terlatih dilengkapi peralatan pendukung untuk melakukan penanganan cepat jika ada hutan atau lahan terbakar.

"Kami pastikan lahan kosong perusahaan selalu terjaga dan diminimalisir terbakar, karena jika ada potensi kemunculan api akan langsung ditangani oleh tim pemadam terlatih," ungkapnya.

Wujud lain peduli lingkungan dan kebakaran hutan ini, pernah juga dilakukan dengan cara membantu pemerintah daerah beberapa unit alat pompa air dilengkapi selang untuk keperluan pemadaman.

Dia juga telah meminta 170 mitra kerja perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, yaitu, rekanan sub kontraktor, transportir, out sourching tenaga bongkar muat untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menyalurkan program sosial kemasyarakatan.

"Tantangan bisnis perusahaan kedepan semakin komplek, karena itu kita akan bertekad menjaga lingkungan dari potensi kebakaran lahan yang sangat berdampak buruk bagi lingkungan dan manusia," terangnya.

Wilmar Dumai sejauh ini telah menghasilkan 40 macam produk turunan olahan minyak mentah kelapa sawit untuk kebutuhan dalam negeri, disamping itu juga 90 persen ekspor crude palm oil ke berbagai negara.