255 Warga Bengkalis Terinveksi HIV-AIDS

id 255 warga, bengkalis terinveksi hiv-aids

255 Warga Bengkalis Terinveksi HIV-AIDS

Bengkalis, (Antarariau.com) - Sebanyak 255 orang warga Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus Human immunodeficiency virus infection/acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS).

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan, Irwadi SKM.MPH, Jumat, mengatakan, jumlah ini sudah terbilang sangat mengkhawatirkan karena itu angka yang terhitung hingga November 2014.

Dari 255 jiwa penderita penyakit mematikan itu dominannya adalah Ibu-ibu rumah tangga diatas 26 tahun. "Kebanyakan penderita HIV malu untuk cek kedokter, karena orang yang terjangkit penyakit yang mematikan tersebut terkesan berprilaku kurang baik di muka masyarakat," katanya.

Sejak awal tahun hingga November ini tercatat 255 kasus HIV dan terdapat sekitar 24 orang yang meninggal dunia. Hal itu menurut dia cukup menandakan bahwa persoalan AIDS di Kabupaten Bengkalis sudah sangat serius.

Dia mengatakan jika merasa ada gejala HIV atau merasa khawatir takut terjangkitnya virus tersebut masyarakat tidak perlu malu untuk melakukan pengecekan.

"Setiap nama dan alamat orang yang terkena jangkitan penyakit tersebut datanya kita sembunyikan, dan ada empat Puskesmas di kabupaten bengkalis sudah kita bekali penanganan penyakit tersebut, salah satunya Puskesmas Bengkalis," katanya.

Kasus AIDS ini seperti fenomena gunung es yang siap meledak sewaktu-waktu, Untuk itu perlu adanya upaya pencegahan salah satunya melalui sosialisasi kepada masyarakat, apa penyakit AIDS, apa dampak bagi orang yang terkena panyakit itu dan seperti apa cara menanganinya. Kasus AIDS terbesar nomor empat menimpa ibu rumah tangga.

Dari sinilah terjadinya penularan terhadap ibu-ibu rumah tangga karena bapak-bapaknya yang suka jajan di luar, katanya.