Warga Pekanbaru Keluhkan Waktu Tunggu Transit Bus

id warga pekanbaru, keluhkan waktu, tunggu transit bus

Warga Pekanbaru Keluhkan Waktu Tunggu Transit Bus

Pekanbaru, 15/10 (Antarariau.com) - Warga Kota Pekanbaru, Riau, yang memanfaatkan moda transportasi Trans Metro Pekanbaru (TMP) mengeluhkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menunggu kendaraan saat transit di halte.

"Waktu menunggu bus untuk transit sampai 20 menit, padahal untuk sejumlah tujuan yang dilayani oleh Bus TMP mengharuskan dilakukan pergantian bus untuk sampai ke tujuan," kata Ferry Ardiansyah (21), di Pekanbaru, Rabu.

Ferry yang merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau ini biasa menggunakan bus transmetro saat berpergian. Menurutnya dengan menumpang bus transmetro ia bisa lebih nyaman ke tempat tujuan serta minim terhadap kecelakaan bila menggunakan kendaraan pribadi.

"Menggunakan Bus TMP sebenarnya sangat nyaman. Petugasnya juga ramah, namun kekurangannya adalah waktu menunggu, yang menurutnya terlalu lama, sebagai contoh, rute Panam ke Pasar Bawah menghabiskan waktu hingga satu jam, dan 20 menit terbuang untuk menunggu karena harus transit di halte wali kota," tambahnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Dani (29), dia sering bepergian dengan menggunakan jasa bus TMP.

"Ketika kabut asap kembali terjadi, TMP bisa menjadi solusi untuk warga Pekanbaru, namun waktu menunggu terlalu lama juga menjadi pertimbangan untuk menggunakan moda transportasi ini," kata Dani.

Berdasarkan pantauan Antara ke terminal bus Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS), terdapat tujuh bus yang tampak tidak terawat.

Salah seorang petugas yang tidak mau disebutkan namanya yang berada di terminal BRPS mengatakan, dia tidak bisa memberikan pernyataan dan meminta untuk ke Kantor PD Pembangunan yang mengoperasikan bus tersebut.

Namun dikonfirmasi kepada pengelola TMP, manajemen PD Pembangunan tidak bersedia memberikan pernyataan dengan alasan sibuk.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru berencana menambah 25 unit bus trans metro baru untuk mengurangi waktu tunggu yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

"Semoga penambahan armada ini bisa untuk menyisip kekurangan armada pada beberapa koridor yang padat penumpang. Seperti Jurusan Panam, Pandau dan Kulim. Sehingga masyarakat kedepannya tidak terlalu lama menunggu kedatangan armada Trans Metro di halte," harap Dedi Gusrialdi, Asisten II Pemko Pekanbaru.

Untuk koridor rute Pandau, minimal kebutuhan armada pada hari Sabtu dan Minggu sebanyak 12 bus. "Ada 3 koridor yang padat penumpang pada hari Sabtu dan minggu serta hari libur. Seperti Jurusan Panam, Pandau dan Kulim. Hal ini disebabkan banyaknya warga yang jalan-jalan. Jadi dengan adanya penambahan 25 unit ini setidaknya bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal," ujarnya.