Karhutla di Sungai Apit Siak padam

id BPBD Riau,Karhutla riau

Karhutla di Sungai Apit Siak padam

Pertugas BPBD Riau saat memadamkan karhutla pada beberapa waktu lalu. (ANTARA.dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengerahkan helikopter water bombing untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak.

"Lokasi karhutla berada pada lahan milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) dan dua tim bekerja memadamkan api dan kini api pada seluruh lahan terbakar sudah padam," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal, di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan saat ini tim satuan tugas (Satgas) Karhutla masih melakukan pendinginan karena masih ditemukan kabut asap.

Ia menyebutkan pada wilayah lain di Riau kini terpantau nihil karhutla karena masih ada potensi hujan di samping BPBD Riau tetap melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Sementara itu untuk luas lahan terbakar di Riau sejak Januari-Juni 2024 mencapai 600 hektare lebih.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Indah DN mengatakan pada malam hari akan hujan dengan intensitas ringan dan sedang, diprakirakan terjadi di Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, Kampar, Indragiri Hulu, Pelalawan dan Kota Pekanbaru.

Pada dini hari, kata Indah pula, udara diperkirakan berkabut berawan. BMKG mengeluarkan peringatan dini dan meminta masyarakat untuk waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Suhu udara Riau Kamis (20/6) berada 23,0 – 33,0 celsius dengan kelembapan Udara 50–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,01-0,50 meter (rendah).*