10 ribu kendaraan melintas di jalan tol di Riau

id Ditlantas Polda Riau,Arus mudik Lebaran 2024,Tol pekanbaru

10 ribu kendaraan melintas di jalan tol di Riau

Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang membawa pemudik menunggu jadwal keberangkatan di Terminal tipe A Batoh, Banda Aceh, Aceh, Rabu (27/3/2024). Sebagian penumpang transportasi darat yang didominasi mahasiswa, pelajar dan santri tujuan Sumatera Utara, Padang, Riau dan Pulau Jawa memilih untuk mudik lebih awal sebagai upaya menghindari penumpukan penumpang saat puncak arus mudik hari raya Idul Fitri 1445 H. (ANTARA/Khalis Surry)

Pekanbaru (ANTARA) - Hampir 10 ribu unit kendaraan melintas di dua jalan tol yang ada di Provinsi Riau pada saat arus mudik akhir pekan kemarin.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat di Pekanbaru, Selasa, memprediksi jumlah kendaraan yang melintas akan terus meningkat.

Dirincikan Taufiq, berdasarkan data yang ada, pada Sabtu (6/4) mulai pukul 00.00 WIB hingga 23.59 WIB, di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, terjadi peningkatan arus kendaraan di gerbang keluar tol Bathin Solapan, yaitu mencapai 5.015 unit.

Sementara di Tol Pekanbaru - Bangkinang terus ke XIII Koto Kampar, pada Minggu (7/4) kemarin mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, kendaraan yang keluar di pintu keluar tol XIII Koto Kampar tercatat sebanyak 4.181 unit.

"Kesimpulan kami, pada jalur Tol Pekanbaru - Dumai, terjadi peningkatan arus mudik sebesar 57,8 persen dari hari sebelumnya," terang Taufiq.

Sedangkan untuk jalur Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar, terdapat peningkatan arus mudik sebesar 60,6 persen dari hari sebelumnya, khususnya yang mengarah ke Provinsi Sumatera Barat.

Dipaparkan Taufiq, hingga H-1 diperkirakan arus kendaraan masih akan meningkat. Olehnya, Taufiq mengimbau kepada pengendara, untuk tetap mengutamakan keselamatan dalam berlalulintas.

"Tetap hati-hati dan waspada, jangan ngebut. Jika lelah, sebaiknya berhenti. Atau jika memerlukan bantuan, bisa menghubungi petugas terdekat," tukasnya.

Baca juga: Sembilan orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek