Joe Biden: Israel berhak serang Hamas, tetapi juga bertanggung jawab

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Palestina

Joe Biden: Israel berhak serang Hamas, tetapi juga bertanggung jawab

Arsip foto - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.)

Washington (ANTARA) - Otoritas Israel berhak menyerang kelompok Palestina Hamas, namun mereka juga bertanggungjawab untuk memastikan perlindungan bagi warga sipil Palestina yang tak bersalah, demikian menurut teks pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

"Israel memiliki hak untuk mengejar Hamas. Hamas bisa mengakhiri konflik saat ini dengan membebaskan para sandera, melucuti senjata dan menyerahkan mereka yang bertanggung jawab atas serangan 7 Oktober," tulis pidato Biden.

Israel mempunyai beban tambahan lantaran Hamas bersembunyi dan beroperasi di tengah-tengah penduduk sipil. Namun, Israel juga memiliki tanggung jawab mendasar untuk melindungi warga sipil yang tidak bersalah di Gaza, menurut pidato tersebut.

Mengizinkan masuk bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza tidak bisa menjadi pertimbangan kedua atau alat tawar-menawar untuk Israel, kata Biden.

Presiden AS itu menambahkan bahwa perlindungan dan keselamatan warga sipil harus menjadi prioritas.

Baca juga: Turki kecam rencana Israel untuk bangun permukiman baru di Tepi Barat

Baca juga: Utusan PBB serukan upaya kolektif pemulihan horizon politik warga Palestina-Israel


Sumber: Sputnik