Presiden Jokowi peroleh anugerah gelar adat di Talaud

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita raiu antara,gelar adat

Presiden Jokowi peroleh anugerah gelar adat di Talaud

Presiden Joko Widodo menerima anugerah gelar adat di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023). (ANTARA/HO-BPMI Setpres)

Yang dimaksud bahwa tujuan pemberian gelar adat itu adalah dia sebagai pemimpin yang besar, dia bisa mengayomi, melindungi masyarakat Talaud
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memperoleh anugerah gelar adat saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, Kamis, karena dianggap sangat berjasa pada pembangunan di Talaud.

Menurut informasi yang diterima di Jakarta, Presiden tiba di Bandara Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara Kamis sekitar pukul 12.00 WITA.

Setibanya di bandara, Presiden disambut oleh Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Kadisops Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pas Togap M. Siburian, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Muhammad Chaidir, serta Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Muhammad Faizal Sidik Permana.

Presiden Jokowi kemudian mengikuti prosesi penganugerahan gelar adat oleh Dewan Adat Talaud.

Ketua Dewan Adat Talaud Arvan Bawangun mengatakan bahwa gelar yang diberikan kepada Presiden Jokowi yaitu "Marambe Ambaralla Palunglaa Porodisa".

"Yang dimaksud bahwa tujuan pemberian gelar adat itu adalah dia sebagai pemimpin yang besar, dia bisa mengayomi, melindungi masyarakat Talaud," ujar Arvan dalam keterangannya.

Arvan menjelaskan bahwa pemberian gelar adat didasari oleh kebijakan Presiden Jokowi yang dinilai telah banyak membantu pembangunan bagi masyarakat di Talaud.

"Bapak Presiden telah membantu kami dalam pemberian dana pusat ke pemerintah daerah, sehingga pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dapat menikmati (pembangunan) dengan dana dari pemerintah pusat," jelas Arvan.

Prosesi penganugerahan gelar adat diawali dengan prosesi "manoroho", yang bermakna doa kepada Tuhan yang telah memberikan keselamatan kepada Presiden Jokowi.

"Doa jemputan, doa terima kasih yang mana Tuhan telah memberikan kesehatan bagi Pak Presiden terutama dalam jalan, tiba di tempat kami dengan selamat," ungkap Arvan.

Presiden Jokowi tampak diberikan dan dipasangkan tutup kepala berupa "parudante pangasso" yang bermakna "keagungan dan kemuliaan". Selain itu, juga Presiden dikenakan selendang "sarumbaing" yang bermakna "mengayomi dan merangkul".

Diberitakan sebelumnya, dalam kunjungan kerja di Talaud, Presiden dijadwalkan mengunjungi salah satu pasar di Kabupaten Kepulauan Talaud untuk mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok.

Setelahnya, Presiden meresmikan pengoperasian sinyal Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI dan akses internet di desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), serta meresmikan pengoperasian dan integrasi Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1).

Selain itu, di Kabupaten Kepulauan Talaud, Presiden juga akan meninjau Jalan Lingkar Karakelang.

Dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Presiden Jokowi akan bertolak ke Kota Manado untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Manado.

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan BLT El Nino kepada warga di Kantor Pos Genteng Banyuwangi, Jatim

Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Bandara Banyuwangi, Jawa Timur disambut gubernur bupati