Tahun ini, Riau bangun 600 rumah layak huni

id dprd Riau, RLH

Tahun ini, Riau bangun 600 rumah layak huni

Parisman Ikhwan. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan mengatakan untuk tahun ini bakal dibangun 600 unit Rumah Layak Huni (RLH) yang dijatah merata di 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Memang terjadi penurunan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2022 dibangun 900 unit. Tahun 2023 berkurang jadi 600 unit. Meski begitu, semoga RLH dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ucap Parisman Ihwan di Pekanbaru, Kamis.

Dia menyebutkan anggaran RLH ini berasal dari bantuan keuangan (bankeu) khusus yang bersumber dari APBD Pemprov Riau. Sedangkan untuk teknis pelaksanaanya merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemerintah kabupaten/kota.

"Dari bankeu Pemprov Riau. Teknisnya di kabupaten/kota. Untuk Kota Pekanbaru dapat 50 unit. Pembagian ini dijatah merata di kabupaten/kota lainnya," kata legislator dapil Pekanbaru ini.

Untuk anggaran per unit, kata Parisman, berkisar antara Rp50-60 juta tergantung kondisi daerah di rumah yang akan dibangun. Sedangkan teknis pencairannya akan dibagi dalam dua tahap.

Parisman mengatakan, meski pelaksanaan berada di kabupaten/kota pihaknya tetap akan mengawal pembangunan rumah bantuan tersebut agar realisasi pembangunan fisiknya dapat maksimal.

"Kita tetap melakukan monitoring pengerjaannya. Tentu anggota DPRD Riau di masing-masing dapilnya akan mengawasi agar pembangunannya berjalan sesuai yang diharapkan," kata dia.

Untuk progres pembangunan, kata Parisman, saat ini masih dalam tahap pencairan dan surveipenerima manfaat. Dia berharap agar pembangunannya digesa sehingga tidak molor dari waktu yang ditargetkan.

Dia juga mewanti-wanti agar penerima bantuan RLH tepat sasaran. Dilakukan cek ke lapangan penerima manfaat program ini. (Adv)