SSB PTPN V runner-up putaran nasional Piala Liga Sentra Indonesia

id Ptpn v, ptpnv, ssb perramina

SSB PTPN V runner-up putaran nasional Piala Liga Sentra Indonesia

Para punggawa muda SSB junior PTPN V kelompok usia 12 tahun saat menerima trophy juara ke-2 putaran nasional LSI 2023 di Jawa Barat. (ANTARA/HO-PTPN V)

Pekanbaru (ANTARA) - Pesepakbola junior sekolah sepakbola kelompok usia bawah 12 tahun atau U-12 binaan PT Perkebunan Nusantara V berhasil membawa pulang tropi Liga Sentra Indonesia dalam kompetisi tingkat nasional yang digelar di Cirebon, Jawa Barat.

Bersaing dengan 26 tim dari berbagai provinsi penjuru Indonesia, Anak-anak Kebun, julukan pesepakbola junior binaan PT Perkebunan Nusantara V berhasil menempati posisi runner up usai di babak final takluk dari tim tuan rumah, Bandung Pro, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, dari babak penyisihan, 12 besar, hingga semi final anak-anak kita mampu menunjukkan permainan impresif. Pada babak penyisihan, Anak-anak kebun berhasil membungkam perlawanan Albinan Babel dengan skor meyakinkan 4-0," kata pembina SSB PTPN V, Coky Harahap dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Minggu (25/6).

Selanjutnya, kata dia, junior PTPN V yang tergabung dalam Grup E di bawah asuhan pelatih Syafrial Helmi dan Endra Jaya itu berhasil memuncaki klasemen usai meraih hasil positif melawan Mitra Sulawesi Barat, Zoma Palembang serta Mandala Bali.

Pada babak 12 besar, PTPN V kembali meraih hasil positif usai menekuk Pacific Medan dan Turatea Sulawesi Selatan. Hasil impresif terus berlanjut pada babak semifinal usai memulangkan kesebelasan Bonjol Sumatera Barat dengan skor tipis 1-0.

"Namun, pada babak final kita harus puas mengakui ketangguhan tim tuan rumah Bandung Pro dengan skor 3-0," imbuh Junniadi, Ketua Tim SSB PTPN V U-12 yang berlaga di Putaran Nasional Cirebon.

Meski begitu, Nedi, begitu sapaan akrabnya mengaku bangga dengan keberhasilan tersebut. Ia mengatakan Anak-anak kebun telah membuktikan diri untuk tampil dengan mental tangguh di tingkat nasional, meski harus melawan dengan lawan dari Indonesia timur yang notabene gudang pesepakbola berbakat.

Hal senada disampaikan Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa yang bahagia mendengar prestasi anak-anak kebun di tingkat nasional. Ia berharap mental anak-anak kebun semakin kuat dengan keberhasilan ini.

Selain itu, ia juga meminta kepada kelompok usia lainnya yang tergabung di SSB PTPN V agar menjadikan prestasi kompatriotnya itu sebagai inspirasi untuk terbang lebih tinggi.

"Dengan pembinaan profesional yang diterapkan SSB PTPN V, kami yakin Anak-anak Kebun akan mampu berprestasi lebih tinggi dan tetaplah membumi," tuturnya.

SSB PTPN V kelompok usia bawah 12 tahun (U-12) berhasil sebelumnya berhasil menggenggam tiket kompetisi putaran nasional mewakili Provinsi Riau di Liga Sentra Indonesia 2023 usai menjadi kampiun kompetisi serupa tingkat provinsi yang sekaligus mengangkat tropi Direktur PTPN V.

Ketua SPBUN PTPN V Asmanudin Sinaga mengatakan kesempatan bertanding di tingkat nasional merupakan kesempatan emas bagi perkembangan pesepakbola belia PTPN V tersebut. Ia meminta punggawa muda PTPN V tersebut untuk memanfaatkan kesempatan kompetisi tersebut sebagai ajang menimba ilmu dan pengalaman.

"Ini merupakan kesempatan emas bagi anak-anak kita untuk menjajal kemampuan di tingkat nasional. Berusaha, percaya diri, dan lakukan yang terbaik," katanya.