Perayaan Imlek Di Dumai Diwarnai Festival Lampion

id perayaan, imlek di, dumai diwarnai, festival lampion

 Perayaan Imlek Di Dumai Diwarnai Festival Lampion

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Perayaan Imlek 2565 tahun 2014 di Kota Dumai, Provinsi Riau, diwarnai dengan pemasangan lampu lampion beraneka ragam, baik di rumah warga, ruas jalan dan pertokoan.

Pemasangan lampu lampion ini, menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Dumai, Eldar Afinta akan dilakukan penilaian oleh tim independen bentukan pemerintah dengan menggandeng Persatuan Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) setempat.

"Festival lampion ini telah diselenggarakan rutin setiap tahun menyambut perayaan Imlek dengan melibatkan paguyuban dan para tokoh masyarakat Tionghoa Dumai," kata Eldar, Jumat.

Diterangkannya, selain untuk menambah semarak perayaan Imlek, festival lampion juga bertujuan menjaga dan melestarikan budaya suku Tionghoa di kota Dumai.

Lampion yang mendapat penilaian baik berdasarkan kriteria keindahan, tata letak, seni pemasangan serta pernak-pernik yang terpasang, lanjut Eldar, akan menerima piala bergilir Wali Kota Dumai dan tropi dari pemerintah kota.

"Lomba pemasangan lampu lampion ini tidak tertutup kemungkinan bisa juga diikuti oleh warga non Tionghoa karena terbuka untuk umum semua lapisan masyarakat," terang Eldar.

Sementara, pengurus PSMTI Dumai, Acong Effendi menyatakan, penilaian lomba lampion ini akan dimulai pada 2 Februari depan oleh tim penilai yang telah dibentuk dengan langsung melihat ke lokasi pemasangan.

"Berkat dukungan pemerintah dan masyarakat umum, festival lampion ini rutin kita adakan untuk menambah semarak perayaan Imlek. Untuk pemenang akan diumumkan dan diserahkan hadiah pada malam puncak perayaan yang dipusatkan di Klenteng Hock Liong Kiong Dumai pada 4 Februari nanti," jelas Acong.

Dia berharap, pelaksanaan perayaan Imlek, festival lampion serta berbagai kegiatan peribadatan yang diselenggarakan bisa berjalan baik dan khusuk.

Pantauan Antara, sejumlah vihara dan klenteng rumah ibadah umat Tionghoa di Dumai sejak pagi telah dipadati warga untuk beribadah terkait perayaan Imlek 2565 dengan melakukan berbagai kegiatan ritual peribadatan.

Disamping itu, banyak pertokoan yang berada di sejumlah ruas jalan utama pusat kota, tutup. Di antaranya di Jalan Sukajadi, Sultan Sarif Kasim dan Jenderal Sudirman.