BRIN optimalkan proyek riset transportasi publik ramah lingkungan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, transportasi

BRIN optimalkan proyek riset transportasi publik ramah lingkungan

Ilustrasi - Mobil listrik tengah mengisi daya di tempat pengisian umum. (ANTARA/Shutterstock/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengoptimalkan proyek riset kendaraan ramah lingkungan yang meliputi transportasi publik berbahan bakar listrik berupa kendaraan bus sedang dan bus besar, perkeretaapian, serta beberapa kendaraan listrik lainnya.

"Sesuai dengan peta jalan, BRIN sedang fokus untuk penelitian transportasi publik ramah lingkungan," kata Kepala Pusat Riset Teknologi Transportasi BRIN Aam Muharam di Jakarta, Jumat.

Sejauh ini, BRIN telah memiliki kendaraan mobil berjenis minibus konversi yang 100 persen digerakkan oleh tenaga listrik. Mobil kijang konversi itu sudah mulai dibangun sejak tahun 2008, dan sampai saat ini masih digunakan.

Aam menuturkan ada banyak penelitian mengenai teknologi kunci kendaraan listrik mulai dari sistem manajemen baterai, baterai termal, electro hydraulic power steering, hingga sistem pengisian data.

Tak hanya itu, riset-riset yang ada juga menyoroti penggunaan material tahan panas dan tahan api yang bisa digunakan oleh kendaraan listrik.

Ketua Kelompok Riset Teknologi Kendaraan Listrik BRIN Abdul Hapid mengatakan ada beberapa kendaraan listrik dengan status prototipe riset berupa kesiapan teknologi level 7, seperti mikrobus, sedan, dan city car serta minibus konversi.

"Untuk sampai kemasyarakatan, prototipe riset ini masih membutuhkan satu tahapan lagi, yaitu riset yang bertujuan menaikkan statusnya menjadi prototipe produksi dengan kesiapan teknologi level 9," kata Abdul.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat mengatakan bahwa pemanfaatan dan pengembangan kendaraan listrik dengan dukungan transportasi cerdas menjadi salah satu program kerja prioritas pemerintah pada tahun 2023.

Dia memandang pengembangan kendaraan listrik punya efek jangka panjang terhadap berbagai aspek, seperti pengurangan biaya subsidi ke bahan bakar minyak serta pengembangan ekosistem hijau yang berkelanjutan.

Baca juga: Survei menunjukan 60 persen konsumen Asia Pasifik indikasikan pilih mobil hybrid

Baca juga: Hyundai kantongi ribuan pesanan kendaraan dari IIMS 2023