Raih juara II, menu khas Kampar mendunia

id Menu khas kampar, kuliner kampar

Raih juara II, menu khas Kampar mendunia

Ketua TP PKK Kampar Deswita Kamsol saat menerima penghargaan. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Tiga menu khas Kampar Asian Hot cooking dengan kategori appetizer, hot menu dan dessert berhasil meraih juara II di ajang Malaysia Culinary World Cup 2023 di venue World Trade Center Kuala Lumpur Malaysia.

"Alhamdulillah, Kampar bisa mendunia, tiga menu khas bisa tembus sebagai juara pada ajang Malaysia Culinary World Cup 2023 yang berlangsung selama tiga hari (21-23 Februari)," kata Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kampar Deswita Kamsol, Rabu, saat di perjalanan pulang ke Riau.

Menu itu diperlombakan pada ajang internasional dan bersaing dengan 56 negara yang ikut serta dibuka oleh Menteri Pariwisata Malaysia," kata Deswita yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Kampar.

Dia menjelaskan bahwa Kampar mewakili Indonesia pada ajang ini mengutus dua orang juru masak yang menyajikan tiga menu khas Kampar yaitu Appetizer atau menu pembuka adalah salada Kampar. Sedangkan untuk Hot menu atau menu utama adalah asam pedas patin sementara untuk Dessert atau menu penutup adalah Palito Daun.

'Ketiga menu ini merupakan khas Kampar, alhamdulillah telah mendunia Dimana telah dapat tampil dalam pertandingan kuliner internasional di Kuala Lumpur dan berhasil meraih juara," ujarnya tersenyum bangga.

Tidak hanya itu, hal lain yang membuat Deswita lebih bangga ketika ia juga mendapat penghargaan tamu terhormat oleh ketua penyelenggara acara Malaysia Culinary World Cup yaitu Chef Arthur Lim.

"Semoga dengan ini bukan saja dapat mengenalkan produk asli Kampar dan mengukir prestasi yang lebih baik lagi di mata dunia," kata dia didampingi pengurus PKK lainnya.

Acara ini terselenggara kerjasama Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Forikan Kabupaten Kampar, Pertamina Hulu Rokan dan PKK Kabupaten Kampar.