Kosgoro bahu membahu, berikan training motivasi dan tes akademik panti asuhan di Pekanbaru

id Kosgoro, pekanbaru, panti asuhan, motivasi, tes akademik

Kosgoro bahu membahu, berikan training motivasi dan tes akademik panti asuhan di Pekanbaru

Kegiatan DPK Kosgoro 1957 Pekanbaru di Panti asuhan. (ANTARA/HO-DPK Kosgoro)

Pekanbaru, (ANTARA) - Pengurus Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan training motivasi dan tes potensi akademik bagi sejumlah panti asuhan di Pekanbaru.

Ketua PDK Kosgoro 1957 Kota Pekanbaru, dr MS Rahmansyah, MH.Kes mengatakan panti asuhan harus menjadi perhatian bersama dalam berbagai bidang. Kegiatan sudah berjalan sejak Oktober, November dan Desember 2022 dan akan dilanjutkan pada Januari 2023 mendatang.

“Kegiatan ini kami kemas dengan program Kosgoro Bahu Membahu. Kita datangkan trainer profesional dan psikolog untuk untuk training motivasi dan tes potensi akademik tersebut,” kata Bang Man, panggilan akrabnya, Minggu.

Ia menjelaskan, training motivasi dan tes potensi akademik tersebut untuk mengetahui minat dan bakat anak-anak panti yang telah duduk di bangku SMA. Tujuannya agar pengurus panti mengetahui bakat dan minat anak-anak sehingga dapat diarahkan dengan baik.

“Hasil tes itu diinformasikan kepada pengurus dan pengasuh anak -anak panti asuhan. Diharapkan pengurus panti asuhan lebih terarah dalam mendidik. Ini juga menyongsong perubahan sistem masuk ke perguruan tinggi yang akan menerapkan tes psikolastik,” kata Bang Man.

Bang Man sendiri terarik melihat semangat anak-anak panti yang didatanginya. Baginya, anak-anak panti berhak mendapatkan akses pendidikan tinggi. Selama kegiatan di tiga panti tersebut juga disediakan konsumsinya.

“Program ini akan dilakukan secara rutin setiap bulan, dengan sasaran selurun panti asuhan di Kota Pekanbaru. Ini dilaksanakan secara gratis. Bahkan disediakan konsumsi gratis untuk anak-anak dan pengurus,” kata dia.

Pengurus Panti Asuhan Alfajar, Wely mengatakan baru pertama kali dilaksanakan training motivasi dan tes potensi akademik bagi anak-anak panti yang sudah duduk di bangku SMA. Kegiatan ini sangat bermanfaat baik di saat pelaksanaan maupun setelahnya.

“Kami senang sekali anak-anak kami diberikan training dan tes potensi akademik ini, sehingga kami juga menjadi terarah dalam membina anak-anak ke depannya,” ujar Wely, Minggu.

Pengurus Panti Asuhan Assohwa, Kelurahan Simpang Fajar Kecamatan Binawidya, Pekanbaru, Nazri juga mengatakan hal senada. Saat training anak-anak panti sangat senang menyambut kedatangan tim Kosgoro.

“Kami termotivasi untuk membina anak-anak yang ada di panti, karena dari pelatihan yang diadakan tersebut membuat anak-anak kita semakin berani mencapai cita-citanya ke depan,” kata dia.

Dodi Elmunir, pengurus Panti Asuhan Al Istiqlal Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru justru menyebut kapan perlu diadakan kegiatan serupa setiap tahun di panti yang diasuhnya. Baginya, anak-anak panti mesti diberikan motivasi yang baik dan pengarahan yang sesuai bakat minatnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kosgoro yang telah datang ke tempat kami memberikan training dan tes potensi akademik secara gratis. Sangat bermanfaat bagi kami,” kata dia.