Dishub Lampung akan siapkan penyeberangan alternatif di libur Natal

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, libur Natal

Dishub Lampung akan siapkan penyeberangan alternatif di libur Natal

Ilustrasi- KM Ciremai saat mengangkut pemudik di Pelabuhan Panjang sebagai alternatif penyeberangan pada masa mudik Lebaran 2022. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mengatakan bahwa penyeberangan alternatif akan tetap dipersiapkan pada libur Natal dan Tahun Baru guna mengantisipasi penumpukan penumpang.

"Persiapan menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru sudah dilakukan seperti sarana prasarana hingga fasilitas pendukung," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan pola pengendalian dan pengaturan arus akan diterapkan sama seperti pada masa mudik Lebaran dengan menyiapkan penyeberangan alternatif.

"Skenarionya tetap seperti Lebaran untuk di Bakauheni akan ada prediksi peningkatan sebanyak 13 persen dari rerata pejalan kaki dan kendaraan. Nanti rute penyeberangan alternatif seperti BBJ dan Panjang akan tetap disiapkan sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Dia menjelaskan rute penyeberangan alternatif tersebut tidak hanya dipersiapkan pada arus mudik namun juga akan dipersiapkan hingga arus balik.

"Penyeberangan melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan Panjang ini akan disiapkan juga saat arus balik, jika terjadi penumpukan agar terurai," ucap dia.

Menurut dia langkah pengendalian arus di Pelabuhan Bakauheni juga akan dilakukan di rest area Jalan Tol Trans Sumatera, dimana akan ada pemantauan berdasarkan zona.

"Pengendalian di Bakauheni kita akan memakai rest area jalan tol untuk melihat kondisi arus. Apakah zona hijau, kuning, merah kalau sudah naik porsinya kita langsung alihkan dan gunakan Pelabuhan Panjang dan BBJ," tambahnya.

Ia melanjutkan untuk memperlancar arus penyeberangan antar pulau di Pelabuhan Bakauheni akan dilakukan pengoptimalan tujuh dermaga dan kapal yang tersedia.

"Di Bakauheni akan dioptimalkan tujuh dermaga dan kapal-kapal yang ada untuk memperlancar perjalanan masyarakat yang ingin menyeberang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya di masa libur Natal dan Tahun Baru ini," ujar dia lagi.

Sebelumnya Pemerintah telah memprediksi puncak arus mudik pada perayaan Natal jatuh pada 23-24 Desember 2022 dan 30-31 Desember 2022 pada perayaan Tahun Baru 2023.

Dalam rapat terbatas persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Presiden RI Joko Widodo pun telah memberikan arahan untuk meningkatkan kesiapan dan persiapan terkait dengan prediksi mobilitas penduduk pada masa libur Natal dan tahun baru yang diperkirakan mencapai 44,17 juta orang.

Baca juga: Pelni siapkan sebanyak 69 unit kapal pada libur Natal dan tahun baru

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno targetkan libur Natal-Tahun Baru dongkrak kunjungan wisman