Sambut Natal, Pertamina tambah pasokan BBM 5 persen di Riau

id SPBU,sambut Natal, Pertamina, tambah, pasokan, BBM 5 persen, di Riau

Sambut Natal, Pertamina tambah pasokan BBM 5 persen di Riau

Ilustrasi - Pekerja SPBU mengisi bahan bakar kendaraan diesel. (Dok ANTARA)

Pekanbaru (ANTARA) - Menyambut libur Natal tahun ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) bakal nambah pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar 5 persen dari kuota harian yang telah ditetapkan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Susanto August Satria di Pekanbaru, Senin, mengatakan ketentuan ini berlaku mulai 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

"Untuk Provinsi Riau, kuota BBM jenis Pertalite setiap hari 2.500 Kilo Liter (KL) dan Solar 2.400 KL. Maka terhitung 15 Desember hingga 8 Januari 2023 mendatang, penyalurannya ditambah sebesar 5 persen dari kuota yang telah ditetapkan pemerintah, untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Satria.

Satria juga memastikan stok dan distribusi Bahan Bakar Minyak dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) bersubsidi 3 kg aman dalam menyambut perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Jadi tidak perlu kuatir bagi yang akan libur akhir tahun," katanya.

Selain BBM Pertamina juga melakukan penambahan kuota LPG bersubsidi sebesar 3-5 persen untuk Provinsi Riau.

"Kami mengimbau, masyarakat agar menggunakan BBM dan LPG 3 Kg secara bijak. Kalau memang mereka berhak menggunakan BBM bersubsidi, silahkan menggunakan dengan bijak," katanya.

Selain itu untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM di wilayah yang jauh dari SPBU, Pertamina bahkan menyiapkan SPBU Kantong dalam wujud mobil tangki yang sudah disiagakan di SPBU.

"Untuk wilayah Riau, kita menyiapkan SPBU kantong di tiga daerah, yakni Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hilir, dan kabupaten Indragiri Hilir, mengingat daerah itu merupakan jalan mudik lintas Pulau Sumatera, sehingga berpotensi adanya lonjakan kebutuhan BBM. Makanya, kita siagakan mobil tangki penuh di titik-titik SPBU lintas mudik tersebut," paparnya lagi.

Ia juga mengimbau, konsumen melakukan pendaftaran melalui mypertamina, sehingga pemerintah dan pertamina tahu konsumen yang menggunakannya.

"Sementara bagi masyarakat atau pengguna kendaraan mewah tidak berhak menggunakan BBM bersubsidi, jangan merampas hak masyarakat kecil," katanya.

Satria menambahkan, Pertamina Regional Sumbagut juga sudah membentuk satuan tugas pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat, satgas tersebut mulai berkerja pada 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

"Kita pastikan distribusi BBM dan LPG dalam kondisi aman dan lancar serta mencukupi kebutuhan masyarakat saat Nataru," ucapnya.