Baznas Kampar distribusikan zakat produktif

id Baznas kampar, zakat kampar

Baznas Kampar distribusikan zakat produktif

Penyaluran dana zakat oleh Baznas. (ANTARA/

Bangkinang Kota (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar mendistribusikan zakat produktif kepada mustahiq di kompleks Markaz Islamy Bangkinang Kota, Senin.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kampar, kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pendistribusian zakat produktif hibah Baznas Provinsi Riau dan zakat produktif Baznas Kabupaten Kampar," kata Staf Ahli Bupati, Bidang Kemasyarakatan Dan Sumber Daya Manusia, Readel Fitri saat hadir pada acara itu.

Dia menjelaskan bahwa zakat mendatangkan manfaat dan hikmah yang luar biasa. Melalui hadits Jibril, kita tahu bahwa Islam mengenal Lima rukun. Salah satu dari Lima rukun yang harus diamalkan muslim adalah zakat.

"Manfaat dari segi agama tentang membayar zakat, menyempurnakan Iman berzakat kepada mereka yang membutuhkan merupakan salah satu pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya," jelasnya.

Bukti keimanan dan ketaatan manusia membutuhkan dan mencintai uang sebagai sesuatu yang bisa dimiliki. Oleh karena itu, terkadang orang tidak rela melepaskan apa yang dia cintai tanpa imbalan apapun. Dengan membayar zakat, atau bisa disebut sedekah, kamu sudah menunjukkan keimananmu kepada Allah SWT.

Dengan berzakat, lanjutnya, kita tidak mengharapkan imbalan duniawi melainkan ketenangan hati dan pahala dari Allah SWT.

"Membersihkan hati dan diri, dengan membayar zakat, muslim telah masuk ke dalam kelompok orang dermawan dan memisahkan diri dari kelompok orang-orang kikir.

Alasannya, jika seseorang sudah terbiasa memberi dalam bentuk apapun, seperti pengetahuan, uang, atau kebaikan, dirinya akan merasa lebih lengkap ketika telah memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain," terangnya.

"Insya Allah kita dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Kampar yang sejahtera, terjaga sehingga menjadi kearifan lokal Kabupaten Kampar," kata dia.

Hadir dalam acara itu Ketua Baznas Kabupaten Kampar Purwadi, Ketua Baznas Provinsi Riau Jamaludin.