6.530 pelajar Siak ikuti pawai karnaval HUT RI

id Pawai, karnaval, Siak, pelajar

6.530 pelajar Siak ikuti pawai karnaval HUT RI

Kegiatan pawai karnaval di Kabupaten Siak diikuti ribuan pelajar dari dua kecamatan dengan menampilkan beragam profesi dan budaya pada Selasa (16/8/2022). (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 6.530 siswa dari tingkat Taman Kanak-Kanak, sampaiSekolah Menengah Atas dari dua Kecamatan Siak dan Mempura mengikuti pawai karnaval memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 di Kabupaten Siak.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza melepas peserta di samping Istana Assereyah Allah Hasyimiah atau yang dikenal dengan Istana Siak, Selasa (16/8) kemarin.

”Alhamdulillah, tahun ini kita bisa kembali melaksanakan. Mari kita mengucapkan syukur atas pawai karnaval Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, " kata Husniyang mengatakan pawai karnaval sempat ditiadakan dua tahun terakhir karena Pandemi COVID-19.

Ada pun untuk rute karnaval tahun ini mengambil start di depan Gedung Kutab Siak melintasi Jalan Sultan Syarif kasim II. Lalu Jln. Dr. Soetomo dan finis di depan Masjid Al Fattah dan ditutup dengan penampilan Drama Kolosal dari SMA N 2 Siak.

Satu persatu peserta pawai karnaval melintasi di depan tenda utama dengan menampilkan keanekaragaman profesi. Mulai dari pegawai negeri sipil, polisi hingga tentara sampai pemadam kebakaran.

Begitu juga dengan tampilan kesenian suku budaya dan adat istiadat di Indonesia. Tentunya dari Siak sendiri yang merupakan negeri berbudaya melayu dengan beragam corak busananya baik laki-laki maupun perempuan.

Salah seorang warga Siak, Edo yang juga guru sekolah mengatakan pawai ini untuk membayar rasa nasionalisme pada pelajar. Masyarakat juga antusias menyaksikan karnaval ini terutama para ibu-ibu mendampingi putra putrinya.

”Ragam pakaian adat ditampilkan masing-masing sekolah. Mereka kita lihat sangat senang, apa lagi pawai sempat dua tahun ditiadakan karena COVID-19,” ujar dia.