1.429 turis asing masuk ke Riau lewat Dumai

id BPS Riau

1.429 turis asing masuk ke Riau lewat Dumai

Arsip foto. Petugas operator pelabuhan memberikan masker secara gratis kepada seorang turis asing dari Melaka, Malaysia, yang tiba di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Kamis (5/3/2020). PT Pelindo I memberikan masker gratis kepada penumpang kapal yang datang dari luar negeri di Pelabuhan Dumai untuk antisipasi penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) ke tanah air. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat sebanyak 1.429 turis asing (wisatawan mancanegara) datang ke Riau pada Mei 2022 melalui pintu masuk pelabuhan laut di Dumai.

"Sedangkan pintu masuk lainnya masih belum dibuka oleh Pemerintah," kata Misfaruddin kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Misfaruddin menjelaskan wisman mulai berkunjung ke Riau setelah pada 5 Mei 2022, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia kembali membuka Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka yang selama dua tahun terakhir tidak beroperasi akibat pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan sebelum pandemi COVID-19 wisatawan mancanegara bisa masuk ke Riau melalui pintu imigrasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II, pelabuhan laut yang ada di Provinsi Riau yaitu Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti.

"Saat ini kunjungan wisman hanya baru dari pintu masuk pelabuhan laut Dumai dan yang pelabuhan laut lainnya. Bandara belum ada yang masuk," katanya.

Selain itu, BPS juga mencatat tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Riau pada Mei 2022 adalah 44,59 persen atau naik 9,95 poin dibanding TPK bulan April sebesar 34,64 persen.

"TPK hotel bintang tertinggi di Riau dialami oleh hotel bintang 5 yaitu sebesar 60,18 persen," katanya.

Sedangkan, rata-rata lama menginap tamu asing pada hotel berbintang Mei 2022 selama 2,22 hari atau turun 2,28 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat selama 4,50 hari.

Begitu juga dengan rata-rata lama menginap tamuturis domestik pada bulan Mei 2022 adalah 1,40 hari atau turun 0,05 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,45 hari.

"Secara keseluruhan rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik pada hotel berbintang bulan Mei 2022 mencapai 1,40 hari atau turun 0,07 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 1,47 hari," katanya.