Pemda Meranti segera lelang puluhan kendaraan dinas, masyarakat bisa ikut

id Pemda Meranti lelang randis,KPKNL Dumai

Pemda Meranti segera lelang puluhan kendaraan dinas, masyarakat bisa ikut

Puluhan mobil dinas yang akan dilelang Pemda Kepulauan Meranti. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti akan segera melelang puluhan kendaraan dinas (randis) yang sudah tidak dijadikan kendaraan operasional pejabat hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kabid Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kepulauan Meranti, Wan Ramahendra mengatakan pihaknya sudah melengkapi seluruh administrasi tahapan lelang. Saat ini hanya menunggu jadwal lelang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai.

"Administrasi tahapan lelang telah dilengkapi. Kami tinggal menunggu jadwal lelangnya saja dari KPKNL," ujar Rama, Rabu.

Menurutnya pelelangan tersebut bisa diikuti oleh kalangan masyarakat yang mampu karena prosesnya tidak menerapkan pola paket unit. Melainkan satuan, walaupun pihaknya sempat berencana menggunakan pola paket yang terdiri dari beberapa unit.

"Memang sempat berencana menerapkan pola paket unit, tapi pak bupati tidak mau. Alasannya lelang ini targetnya masyarakat bukan korporasi. Ini juga bisa jadi kabar baik bagi peserta, sehingga semua orang yang mampu bisa ikut," jelas Rama.

Rama juga tak menampik jika konsep satuan unit ini akan berdampak buruk pada randis yang dianggap layak. Karena peserta tetap akan memilih randis yang lebih layak, sehingga potensi randis yang layak tidak menjadi pilihan oleh peserta.

"Kondisinya memang seperti itu, peserta pasti memilih randis yang lebih layak. Meski begitu, kami tetap optimis jika seluruh randis lepas ke tangan peserta. Kalau pun tidak, kita adakan proses lelang kedua," ujarnya.

Ia merincikan puluhan randis yang akan dilelang terdiri dari 42 unit roda empat, tiga unit roda tiga dan 24 unit roda dua. "Total keseluruhan randis yang akan dilelang ada sebanyak 69 unit," bebernya.