Peringatan Harkitnas, Wabup Inhu ajak semua pihak bangkit

id Rengat,Indragiri Hulu,harkitnas inhu

Peringatan Harkitnas, Wabup Inhu ajak semua pihak bangkit

Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat Inspektur Upacara Harkitnas 2022. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke - 114 tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Inhu, Jumat pagi.

Wakil Bupati Indragiri Hulu, Riau Junaidi Rachmat menjadi inspektur upacara dan membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate.

Dalam amanah, Kementerian Kominfo menyebutkan bahwa "Ayo Bangkit Bersama" menjadi Tema Harkitnas ke 114 tahun 2022 secara nasional.

"Dari tema tersebut, tentunya mengajak semua pihak, untuk terus bangkit dan terus bersemangat," kata Wabup Inhu Junaidi Rachmat di Rengat.

Semangat itu dimaknai secara luas dalam berbangsa dan bernegara, jangan hanya dimaknai seremonial semata, namun juga telaah sisi historis Harkitnas itu sendiri.

Sejarah mencatat, begitu semangat Boedi Oetomo dalam perjuangannya untuk membangkitkan jiwa masyarakat, generasi muda pada masa itu agar lebih bermartabat.

Tujuannya, menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat di bidang pendidikan dan kebudayaan sehingga generasi semakin cerdas.

"Dari semua itu, cita - cita kemerdekaan salah satunya, mewujudkan bangsa yang bermarwah dan bermartabat terealisasi," ujarnya.

Semangat itu tidak boleh kendor apalagi turun hingga kembali ke masa lalu. Sudah saatnya, masyarakat Indonesia bangkit dan berprestasi.

Hasil pantauan, upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah Inhu Hendrizal, seluruh Asisten dan Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter. Selain itu juga ada sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Junaidi Rachmat juga meminta, masyarakat Indragiri Hulu untuk terus bangkit dan semangat, meneladani semangatnya Boedi Oetomo yang telah berjuang dan berjasa bagi bangsa dan negara.