Rafael Nadal tahan Medvedev untuk capai final ATP Acapulco

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, tenis

Rafael Nadal tahan Medvedev untuk capai final ATP Acapulco

Arsip - Petenis Spanyol Rafael Nadal melakukan service bola ke arah lawannya petenis AS Tommy Paul dalam laga perempat final Turnamen Tenis Mexico Open 2022, di Abierto Mexicano, The Fairmont Acapulco Princess, Acapulco, Meksiko, Kamis (24/2/2022). (ANTARA FOTO/Reuters- Henry Romero/hp.)

Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengalahkan Daniil Medvedev 6-3 6-3 pada semifinal ATP Mexico Open, Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB, untuk melaju ke final dan memastikan petenis Rusia itu tidak akan merayakan kenaikan peringkat satu dengan trofi Acapulco.

Medvedev tidak mampu membalas kekalahannya dari Nadal di final Australian Open, di mana petenis Spanyol itu bangkit dari ketinggalan dua set untuk menang dalam lima set dan merebut gelar tunggal Grand Slam ke-21 sekaligus memecahkan rekor.

Baca juga: Petenis kualifikasi Roman permalukan Stefanos Tsitsipas di Marseille

Meski begitu petenis Rusia berusia 26 itu meninggalkan Meksiko dengan mengetahui bahwa dia akan menduduki peringkat satu dunia, Senin. Dia berada puncak ketika bintang Serbia Novak Djokovic jatuh di perempat final di Dubai, Kamis.

Nadal, dikutip dari AFP, menambah rekor sempurnanya pada 2022 menjadi 14-0, namun hasil tersebut tidak sesederhana itu.

Dia melaju melalui set pertama tanpa menghadapi break point dan mematahkan Medvedev di gim pembuka set kedua.

Namun, petenis peringkat lima dunia berusia 35 tahun itu menemukan dirinya dalam masalah pada gim keempat, berjuang dari empat break point untuk mempertahankan keunggulannya.

Baca juga: Petenis asal Jawa Barat Joanne Lynn pastikan tiket babak pertama Mandiri Tennis Open 2022

Medvedev mendorongnya lagi di gim keenam, tetapi tidak bisa mengonversi satu pun dari tujuh peluang break-nya.

Memperpanjang pertandingan menjadi 5-3, Medvedev memimpin 40-0 sebelum serangkaian kesalahan, termasuk kesalahan ganda, memberi Nadal sebuah pembukaan dan memungkinkan dia untuk menyelesaikan pertandingan pada match point keduanya.

Pada final Nadal akan menghadapi Cameron Norrie, yang menambah kemenangan beruntunnya menjadi delapan pertandingan berturut-turut dengan kemenangan 6-4 6-4 atas Stefanos Tsitsipas dari Yunani.

Petenis peringkat 12 Inggris Norrie, yang mengangkat trofi di Delray Beach pekan lalu, melakukan break pada gim kesembilan setiap set dan dengan tenang melakukan servis.

Tsitsipas, yang mencapai final Rotterdam awal bulan ini, tidak kehilangan satu set pun sepanjang pekan sampai dia bertemu dengan petenis Inggris yang sedang dalam performa terbaiknya itu.

Baca juga: Collins menuju semifinal usai hentikan laju Alize Cornet di Australian Open