Kasus COVID-19 bertambah 351 orang dalam sehari di Riau

id COVID-19, bertambah 351, orang, dalam, sehari, di Riau

Kasus COVID-19 bertambah 351 orang dalam sehari di Riau

Seorang petugas medis sedang mengambil sampel darah dari seorang warga di Riau. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Warga Provinsi Riau diminta lebih waspada dan disiplin pada protokol kesehatan melihat tren peningkatan kasus konfirmasi positif COVID-19 yang melejit, mencapai dua kali lipat peningkatannya dalam jarak sehari.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau melaporkan kasus terkonfirmasi COVID-19 di provinsi ini per 12 Februari 2022 mengalami penambahan 351 orang, naik dari jumlah 172 kasus pada tanggal 11 Februari.

Data Sabtu kemarin terdapat penambahan 351 pasien terkonfirmasi COVID-19 naik dari hari Jumat terdapat 334 kasus," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy di Pekanbaru, Ahad.

Kabar baiknya, lanjut Masrul,di Riau terdapat penambahan 38 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh, dari sebelumnya terdapat 34 pasien sembuh dari paparan virus Corona.

"Kabar dukanya, hari Sabtu di Riau terdapat penambahan satu pasien yang meninggal dunia karena COVID-19, sama dari sebelumnya terdapat satu pasien yang wafat," ungkapnya.

Lebih lanjut,Masrul menjelaskan, dari penambahan 351 kasus baru, terdapat 49 kasus merupakan warga luar Provinsi Riau. Sedangkan kasus terbanyak ada di Pekanbaru yang mencapai 215 orang.

"Kemudian disusul Kampar 16 kasus, Bengkalis 13 kasus, Dumai 12 kasus, Siak 11 kasus, Inhil dan Kuansing 9 kasus, Inhu 6 kasus, Rohul 5 kasus, Pelalawan 4 kasus, Rohil 2 kasus," katanya.

Karenanya ia menghimbau agar masyarakat disiplin pada 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi.

"Ini cara ampuh untuk menjaga diri kita tidak tertular sambil menggesa vaksinasi penguat atau booster bagi masyarakat," tutupnya.