Indragiri Hulu Butuh Mobil Perpustakaan Keliling

id indragiri hulu, butuh mobil, perpustakaan keliling

Rengat, (antarariau.com) - Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau membutuhkan mobil keliling untuk menjangkau seluruh pelosok desa dalam melaksanakan program mencerdaskan warga melalui membaca.

"Jarak desa, antara kecamatan dengan ibukota Kabupaten Indragiri Hulu sangat jauh bahkan hingga satu hari perjalanan. Mobil perpustakaan yang tersedia satu unit belum mampu menjangkau semua kecamatan dan desa," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Rengat Usep Sudrajat di Rengat, Jumat.

Minat baca masyarakat di Inhu sudah cukup baik dibuktikan dengan ramainya warga yang datang ketika mobil perpustakaan keliling berada di daerah mereka.

Ia berharap daerah itu mendapat tambahan mobil perpustakaan keliling ataupun mobil pintar dari Pemprov Riau maupun APBD kabupaten.

Dikatakan Usep yang baru menjabat selaku kepala perpustakaan dan arsip itu untuk 2013 ia hanya menjalankan program yang sudah dibuat.

"Mungkin program baru akan dibuat pada tahun 2014 seperti program mencerdaskan masyarakat dan membudayakan minat baca di seluruh kecamatan se-kabupaten Indragiri Hulu yaitu melalui penyediaan buku-buku berkualitas untuk dibawa keliling oleh sejumlah unit mobil perpustakaan keliling," ujarnya.

"Setiap kecamatan memiliki satu unit mobil cerdas, berbentuk mobil perpustakaan sehingga tidak saling antre, bahkan diperlukan sejumlah sepeda motor untuk petugas lapangan," harapnya.

Namun pada 2013 ini banyak juga yang akan dilakukan terutama berkaitan dengan program pembenahan berbagai manajemen perkantoran. karena Kantor arsip memiliki peranan penting, setidaknya merupakan tempat dikumpulkannya dokumen negara Pemkab Inhu.

Dimana selama ini fungsi kantor arsip belum banyak yang tahu sehingga terkesan kantor arsip dan perpustakaan hanya berbicara mengenai buku saja. "Dengan selesainya kantor baru yang dibangun di Rengat kota nantinya, maka akan dapat ditata dengan baik, bahkan dimungkinkan gedung perpustakaan dengan gedung kantor bisa terpisah," terangnya.

Usep Sudrajat juga mengatakan untuk meningkatkan peranan dan fungsi Kantor arsip dan perpustakaan dalam waktu dekat akan diadakan rapat koordinasi Pengelolaan arsip dan perpustakaan se- propinsi Riau sesuai dengan undangan diadakan Kabupaten Bengkalis Kepulauan Riau.

"Mudah-mudahan nantinya akan diusulkan berbagai program menarik yang dapat meningkatkan kinerja, dan pelayanan arsip dan perpustakaan terhadap masyarakat Indragiri Hulu," ucapnya.

Selanjutnya terang Usep, kabupaten Indragiri Hulu terdiri dari 14 kecamatan dan diperkirakan dua ratusan desa, artinya sejumlah itu masih banyak warga Inhu yang buta aksara, terutama didaerah pedesaan. Dengan program perpustakaan keliling setidaknya menimbulkan minat baca bagi warga.