HUT ke-84 Antara, Biro Riau tingkatkan kapasitas di era disrupsi

id Hut antara, antara, hut 84 antara

HUT ke-84 Antara, Biro Riau tingkatkan kapasitas di era disrupsi

Peringatan HUT ke-84 ANTARA diperingati Biro Riau dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik bagi wartawannya dan mahasiswa magang. (ANTARA/HO-Antara Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) ANTARA Biro Riau memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-84 ANTARA dengan pelatihan jurnalistikuntuk peningkatan kapasitas pewartanyadalam memberikan informasi yang mencerdaskan.

Dalam peringatan HUT tersebut yang digelar di sebuah hotel di Pekanbaru, Sabtu, itu turut hadir Humas Pertamina Hulu RokanYulia Rintawati dan Wahyu, serta dari perwakilan PT Riau AndalanPulp and Paper Disra Aldrick.

Pada momen tersebut dilakukan pemotongan nasi tumpeng diiringi senandung ulang tahun. Selanjutnya Kepala Biro Antara Riau, Riski Maruto berbagi nasi tumpeng tersebut bersama tamu yang datang dan peserta lainnya.

Dalam kesempatan itu, Riski Maruto menyampaikan pelatihan ini diikuti perwakilan ANTARA di kabupaten/kota di Riau. Pelatihan ini juga menjadi ajang temu kangen dan silaturahmi bagi insan ANTARA yang lama tak bersua akibat pandemiCOVID-19.

"Pelatihan ini juga diikuti mahasiswa yang magang di Antara. Tema kegiatan yakni 'Dengan semangat HUT ke-84 Antara, kuatkan kolaborasi dan tumbuh bersama dengan memberikan informasi yang mencerdaskan'," katanya dalam kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ini.

Tema tersebut diangkat karena wartawan juga harus meningkatkan kapasitasnya apalagi di era disrupsi informasi saat ini. Dimana saat ini berita, foto, dan video bisa dilakukan dalam satu genggaman telepon seluler. Selain itu, wartawan juga dimanjakan informasi yang melimpah.

"Tapi informasi itu harus mencerdaskan masyarakat, karena kita ibaratnya petani. Kita juga memberikan makanan tapi berupa berita," sambungnya.

Terlebih lagi, salah satu produk Antara adalah berita daring yang sejatinya sudah lama dilakukan. Antara bisa dikatakan berita daring pertama karena sudah dari dulu menawarkan berita ke surat kabar yang menjadi pelanggan khusus.

"Sekarang kita sudah 'website' terbuka, 70 persen saja di'upload', sisanya diberikan ke Kompas, detik, di Riau ada juga itu Go Riau, Metro Riau, Pekanbaru Pos, Tribunnews yang langganan ke kita. Yang tarik beruta tak bayar banyak yang diambil dari portal. Tapi tak apa-apa yang penting berita positif kita tersampaikan kepada masyarakat. Urusan bayar-membayar hak cipta, biarlah menjadi urusannya dengan Yang Maha Kuasa," urainya.

Baca juga: HUT Ke-84, ANTARA Riau bersama Korem 031/Wira Bima dorong percepatan vaksinasi

Sementara, Ketua Panitia HUT ANTARA Vera Lusiana mengatakan pelatihan ini merupakan akhir rangkaian kegiatan. Sebelumnya sudah dilakukan kegiatan pembagian sembako kepada penyapu jalan di Pekanbaru dan vaksinasi bersama Komando Resor Militer 031/Wirabima.

"Sekarang pelatihan untuk kawan dari daerah dan mahasiswa magang. terimakasih dengan tema HUT ke-84. Semoga Antara semakin maju," ucapnya.

Sementara itu, Humas PHR Yulia Rintawati mengungkapkan pihaknya mendukung kegiatan untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan publik apalagi di era media sosial saat ini.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-84, ANTARA Riau bagi-bagi sembako ke penyapu jalan

"Antara mitra sinergis apalagi sesama instansi pemerintah, kami berharap ada dukungan untuk ketahanan energi nasional. Karena Antara ternyata sudah sangat sepuh, Pertamina baru ke-64, lebih muda 20 tahun. Jadi Antara sangat senior di instansi pemerintah," ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan yang disampaikan langsung Kabiro Antara Riau, Riski Maruto. Dalam sesi tersebut berlangsung diskusi dua arah bagaimana menyajikan berita yang baik.