Potensi Wajib Pajak Kuansing Capai 126.253

id potensi wajib, pajak kuansing, capai 126253

Kuansing, (antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, mencatat potensi wajib pajak di wilayah itu mencapai 126.253 wajib pajak dengan target pemasukan lebih dari Rp4,607 Miliar.

"Potensi tersebut merupakan prakiraan wajib pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi terhitung 2011," ujar Bupati Kuansing Sukarmis di Kuansing, Rabu.

Dikatakannya, sehubungan dengan pengalihan PBB-P2 per 1 Januari 2013 Pemkab Kuansing melalui Dinas Pendapatan daerah akan segera malekukan kegiatan - kegiatan dan rencana kerja terkait pendataan objek wajib pajak disetiap desa atau kelurahan se kabupaten Kuansing.

Upaya pendataan objek wajib pajak ini kemungkinan besar dimulai dari beberapa desa di kecamatan Santajo Raya dan kuantan Tengahkan, karena lebih mudah dan berdekatan dengan pusat kota Kuansing.

Upaya tersebut jelas akan melibatkan semua aparat desa baik itu kepala desa maupun perangkatnya juga termasuk kolektor desa.

"Dengan demikian akan jelas dapat digali semua potensi yang ada secara benar dan akurat untuk dijadikan objek wajib pajak ditahun 2013," terangnya.

Jika semua potensi Wajib Pajak dan retribusi terdata dengan baik, maka diperkirakan kedepan bukan saja terjadinya peningkatan Pendapatan Asli Daerah, akan tetapi lebih kepada komitmennya wajib pajak memenuhi kewajibannya.

"Kevalidasian data erat kaitannya dengan keseriusan aparat desa/kelurahan dalam pendataan," pintanya.

Semua dilakukan oleh Pemkab Kuansing untuk menyejahterakan masyarakat Kuansing itu sendiri, karena semakin tinggi pendapatan yang diterima oleh Pemkab Kuansing kedepannya, membuat pembangunan sarana dan prasarana akan semakin baik.

"Pemkab akan bekerja maksimal menggali berbagai potensi yang ada, sehingga dapat membangun kabupaten Kuansing lebih baik lagi," ucapnya.

Pemkab Kuansing berharap banyak adanya kerja sama yang baik antara semua pihak, sehingga apa yang menjadi program tercapai dengan baik, "pajak dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat juga," jelasnya.

Bukan tidak mungkin upaya Pemkab Kuansing berhasil dengan baik jika semua komponen dapat bekerja optimal. Potensi wajib pajak akan meningkat pada tahun - tahun berikutnya jika semua lini dapat melakukan pendataan dengan baik dan valid. (Asriprilyadi)