Dumai Persiapkan Pasar Kuliner Ramadhan

id dumai persiapkan, pasar kuliner ramadhan

Dumai Persiapkan Pasar Kuliner Ramadhan

Dumai, (antarariau) - Pemerintah Kota Dumai Provinsi Riau sedang mempersiapkan ratusan lapak dan kios pasar kuliner Ramadhan.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Pasar pemkot setempat, Suardi, Rabu, pihaknya tengah melakukan pembahasan dan pematangan rencana mendirikan pasar dadakan tersebut.

Namun, dia belum bisa menyimpulkan jumlah keseluruhan lapak dan pedagang yang akan mengisi gelaran pasar kuliner untuk sajian makanan dan minuman pembukaan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

"Kegiatan pasar kaget ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka semarak menyambut datangnya bulan puasa dan memberikan peluang usaha bagi masyarakat yang ingin berdagang," kata Suardi.

Dia menjelaskan, pendirian pasar kuliner Ramadhan ini bertujuan juga untuk membantu perekonomian masyarakat yang ingin menyalurkan usaha di bidang cita rasa makanan dan minuman berbuka puasa.

"Dengan pasar kuliner ini kita harapkan juga dapat mendorong industri kuliner dan meningkatkan kualitas dan keanekaragaman makanan dan minuman khas daerah. Sehingga mampu bersaing dengan wisata kuliner daerah lainnya," ungkapnya.

Pemkot Dumai nantinya juga akan menyediakan tempat dan fasilitas dagangan dalam bentuk lapak yang bisa disewa oleh pedagang dengan harga terjangkau. Lokasi pasar direncanakan di sejumlah tempat strategis di antaranya Jalan Ombak, Jalan Sukajadi, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Sultan Sarif Kasim.

Selain itu, karena nantinya juga marak dengan pendirian pasar dadakan yang sama oleh masyarakat setempat, pihaknya akan mengawasi kelancaran dan ketertiban pasar yang bakal dipadati pengunjung.

Aneka wisata kuliner masyarakat Kota Dumai diharapkan bisa disajikan dalam bentuk dan kemasan yang menarik sehingga bisa dijual dengan harga yang kompetitif dan bersaing dengan jangkauan lingkup pemasaran yang luas.

"Potensi kuliner yang diproduksi rumah tangga biasanya selalu mengalami peningkatan permintaan di saat bulan puasa dan karena itu kita coba membantu dengan penyediaan tempat," katanya.