Kemenag Dumai Persiapkan Tes Kesehatan Calon Haji

id kemenag dumai persiapkan tes kesehatan calon haji

 Kemenag Dumai Persiapkan Tes Kesehatan Calon Haji

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Dumai Provinsi Riau bersama Dinas Kesehatan setempat tengah mempersiapkan rencana pelaksanaan tes kesehatan bagi calon haji daerah sebanyak 263 jemaah.

Kepala Kemenag Dumai Darawi di Dumai, Rabu menyebutkan, untuk pelaksanaan tahapan tes kesehatan calon jemaah nantinya akan melibatkan petugas medis pemerintah.

"Kita sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dan kita masih menunggu jadwal kapan dilaksanakan," katanya.

Menurutnya, tes medis merupakan salah satu tahapan wajib yang harus diikuti calon haji untuk mengetahui kondisi kesehatan jelang berangkat dan menjalani serangkaian ibadah di tanah suci Mekkah.

Selain itu, nantinya calon peserta haji Dumai 2015 ini akan diberikan vitamin kesehatan dan pembinaan supaya dapat menjaga kondisi fisik tubuh selama beribadah.

"Setelah menjalani tes dan calon jemaah dinyatakan sehat maka baru bisa diberangkatkan ke tanah suci Mekkah," ungkapnya.

Dia menambahkan, peserta haji saat ini tengah menjalani proses pembuatan paspor yang dilayani Kemenag dengan menempatkan seorang petugas di Kantor Imigrasi setempat.

Sedangkan untuk biaya haji dan waktu pelunasan serta tahapan penentuan kelompok terbang calon jemaah sejauh ini masih menunggu petunjuk dari Kementerian Agama pusat.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Dumai Paisal menyebutkan, pelaksanaan tes kesehatan haji akan dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Dumai Kota dengan dibantu sejumlah petugas medis setempat.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan haji 2015 ini, Dinkes juga akan mengirimkan sejumlah petugas medis untuk mendampingi calon jemaah selama menjalankan ibadah suci tersebut.

"Setiap tahun kita selalu mendukung kelancaran penyelenggaraan ibadah haji ini dan untuk jadwal pelaksanaan tes kesehatan sudah disiapkan," katanya.