56 pelajar Pekanbaru wakili Penilaian Pelajar Internasional

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

56 pelajar Pekanbaru wakili Penilaian Pelajar Internasional

Sebanyak 56 pelajar usia 15 tahun berasal dari SMA Muhammadiyah I, Kota Pekanbaru, Riau ditunjuk Kementrian Pendidikan sebagai sampel dalam Program Penilaian Pelajar Internasional (Program for International Student Assessment) (Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 56 pelajar usia 15 tahun berasal dari SMA Muhammadiyah I, Kota Pekanbaru, Riau ditunjuk Kementrian Pendidikan sebagai sampel dalam Program Penilaian Pelajar Internasional (Program for International Student Assessment) disingkat PISA itu.

"Program PISA adalah penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga-tahunan, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun, dan penyelenggaraannya dilaksanakan oleh Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD),"kata Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah I Saadanur MM, diwakili Ketua Penyelenggara Fajar Aidul Syah di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan, tujuan dari studi PISA adalah untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia, dengan maksud untuk meningkatkan metode-metode pendidikan dan hasil-hasilnya

Sedangkan Muhammadiyah ditunjuk mewakili Indonesia dalam program PISA itu berdasarkan surat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No 0359/H3/PG/00.02/2021 tanggal 18 Maret 2021.

"Studi PISA bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa usia 15 tahun di bidang matematika, membaca dan sains, nama siswa dipilih oleh Kemendikbud berdasarkan data dari DAPODIK atau Data Pokok Peserta didik,"katanya.

Sebelum pelaksanaan PISA, katanya, ke-56 pelajar itu sudah disosialisasikan terkait program PISA selama sehari dan pada Kamis 8 April 2021 program penilaian ini digelar di SMA Muhammadiyah I Pekanbaru pukul 08-00-14.00 WIB.

Berdasarkan data Kemendikbud, katanya, pada tahun 2018, kurikulum Indonesia menempati rangking ke-70 dari 79 negara, sehingga diharapkan penilaian terhadap pelajar asal SMA Muhammadiyah Riau ini, akan meningkatkan rangking kurikulum Indonesia tahun 2021. **3**T.F011