Moderna akan laporkan data uji akhir vaksin COVID-19 pada November

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,vaksin

Moderna akan laporkan data uji akhir vaksin COVID-19 pada November

Ilustrasi - Botol botol dosis vaksin virus corona baru atau COVID-19 di laboratorium. (ANTARA/Shutterstock)

Massachusetts (ANTARA) - Perusahaan bioteknologi Moderna akan melaporkan data hasil uji klinis tahap akhir vaksin COVID-19 buatan mereka bulan depan, menurut perusahaan itu pada Kamis.

Kabar itu memberikan kepastian waktu kapan dunia akan mengetahui apakah vaksin tersebut ampuh melawan COVID-19.

Baca juga: MPR minta pemerintah untuk gencar sosialisasikan urgensi vaksin COVID-19

Moderna, salah satu pihak terdepan dalam perlombaan global penemuan vaksin, mengatakan komite peninjau data independen mereka diperkirakan akan melakukan tinjauan sementara terhadap uji klinis tahap akhir yang melibatkan 30.000 relawan pada November.

Moderna mengatakan pihaknya mengharapkan memperoleh data keamanan dua bulan, seperti yang disyaratkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat, pada paruh kedua November dan setelah itu akan mengajukan izin penggunaan darurat.

Perusahaan Cambridge, yang bermarkas di Massachusetts, telah menandatangani kontrak dengan pemerintah AS dan sejumlah negara lainnya, dan sedang dalam pembicaraan dengan grup pimpinan WHO untuk penyediaan vaksin.

Moderna, yang belum memiliki produk yang disetujui di pasar, masuk dalam segelintir perusahaan yang sedang dalam proses uji klinis vaksin tahap akhir, bersama dengan produsen obat lainnya seperti Johnson & Johnson dan Pfizer.

"Saya yakin bahwa jika kami meluncurkan vaksin COVID-19 kami, maka 2021 dapat menjadi tahun perubahan paling penting dalam sejarah Moderna," kata CEO Stephane Bancel.

Perusahaan itu juga mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan program COVAX yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai usulan batas harga vaksin mereka.

Baca juga: Tim: Vaksin COVID-19 Sinovac sudah dicek berkali-kali aspek keamanannya

Baca juga: Ada vaksin, Erick Thohir ajak generasi muda tetap lakukan protokol COVID


Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari