Rumah warga ini rusak berat diterjang badai

id Rumah warga rusak berat, hujan dan angin badai, rata dengan tanah, warga bersihkan puing-puing, BPBD OKU

Rumah warga ini rusak berat diterjang badai

Warga bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang hancur diterjang badai. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Sebuah rumah milik warga Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, rusak berat akibat diterjang hujan badai yang terjadi di wilayah setempat pada Sabtu (24/10).

"Iya benar, kejadiannya kemarin sore sekitar pukul 15.00 WIB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering UluAmzar Kristofa di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, rumah yang rusak berat akibat diterjang hujan badai tersebut milik Ahmad Darpai (63) warga Dusun 2 Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat.

Menurut dia, meskipun tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kondisi rumah panggung berbahan kayu itu tidak bisa lagi dihuni karena rata dengan tanah.

"Rumah korban memang sudah lapuk dimakan usia sehingga rata dengan tanah akibat diterjang angin kencang yang terjadi kemarin," jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Pusar Garsubi menerangkan saat ini korban bersama warga setempat bergotong royong merapikan dan membersihkan puing-puing reruntuhan rumah tersebut.

"Korban tinggal sendirian jadi kami membantunya membersihkan dan menyelamatkan harta benda yang masih bisa dipakai," kata dia.

Menurut dia, Pemerintah Desa Pusar saat ini masih melakukan musyawarah guna mencari solusi agar rumah korban dapat diperbaiki.

"Sebelumnya kami berencana akan memasukkan rumah Pak Darpai dalam program RTLH tahun depan. Namun rumahnya sekarang sudah roboh. Oleh sebab itu akan dicarikan solusi terbaik dulu," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar