Polres Inhu amankan pilkada gunakan helm canggih

id polres inhu,pilkada inhu

Polres Inhu amankan pilkada gunakan helm canggih

Kapolres Inhu saat mengenakan helm canggih. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat - Indragiri Hulu (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu memberikan pelayanan optimal pada helatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, agar tercipta rasa aman, kondusif dengan memakai helm canggih. Karena Smart Helmet (SH) itu berfungsi mendeteksi suhu tubuh, salah satu upaya memutuskan mata rantai pandemi COVID-19.

"Helm pintar tersebut dapat mendeteksi hingga jarak beberapa meter," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal di Rengat, Senin

Kapolres didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan PS Paur Humas Aipda Misran, Senin, mengatakan, alat pengaman itu dilengkapi dengan sistem komputerisasi, kamera dengan layar khusus. Jadi ketika digunakan, pada kaca penutup helm akan terpampang suhu tubuh setiap manusia yang terjangkau oleh kamera.

Ia juga menjelaskan, bahkan dari jarak jauh pun helm pintar itu bisa mendeteksi suhu tubuh orang, sedangkan untuk tingkat akurasi dari pantauan tersebut di atas 90 persen.

"Helm ini juga bisa dikontrol lewat jam tangan khusus dan handphone android," ujarnya.

Ditambahkan Kapolres, pengadaan helm ini bukti bahwa pihak Polres Inhu sangat mendukung terlaksananya Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan sehat. Jadi, jika nanti ada petugas yang datang dengan berpakaian lengkap dan memakai helm seperti film "Robocop" maka masyarakat jangan takut.

"Tujuannya adalah mengamankan orang yang bersuhu tubuh lebih dari 37 derajat Celcius, kemudian membawanya pada pos kesehatan atau penanggulangan Covid-19," terangnya.