Unik, lulusan Unilak ikuti acara wisuda drive thru gowes sepeda ontel

id wisuda drive thru,dampak covid,universitas lancang kuning riau,berita riau antara,berita riau terbaru,sepeda ontel,sepeda

Unik, lulusan Unilak ikuti acara wisuda drive thru gowes sepeda ontel

Lulusan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau menggunakan sepeda ontel untuk mengikuti acara wisuda lantatur atau drive thru di Kota Pekanbaru, Rabu (5/8/2020). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Dua lulusan Universitas Lancang Kuning (Unilak) di Kota Pekanbaru, Riau, mengendarai sepeda ontel untuk mengikuti acara wisuda lantatur atau drive thru yang digelar Rabu.

Lulusan Fakultas Ilmu Budaya Unilak Robi Setiawan dan Jaya Saputramemilih mengendarai sepeda onteluntuk mengikuti acara wisuda yang menurut mereka akan menjadi momen yang tidak terlupakan karena berlangsung dalam masa wabah.

"Momen wisuda drive thru(lantatur) ini belum pernah ada kejadiandan ada karena sekarang lagi wabah COVID-19. Makanya kami ingin sesuatu yang tidak biasa juga," kata Jaya Saputra (28).

Jaya danRobi Setiawan (27), yang memang hobi bersepeda, meminjam sepeda onteldari anggota komunitas untuk mengikuti acara wisuda. Acara wisuda lantaturUnilak berlangsung sederhana dan singkat di lobi gedung rektorat.

"Kegiatan wisuda ini akhirnya digelar secara drive thru, setelah kegiatan wisuda diundur dari seharusnya bulan April lalu karena adanya wabah COVID-19. Total ada 808 mahasiswa yang diwisuda dari sarjana dan pascasarjana," kata Rektor UnilakJunaidi, yang memimpin sidang senat terbuka Wisuda Sarjana LX dan Pascasarjana X Unilak.

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi.SS.M.Hum (dua kiri) mewisuda mahasiswa yang dilaksanakan secara lantatur di lobi Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau di Kota Pekanbaru, Rabu (5/8/2020). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Acara wisuda lantaturbaru pertama kali digelar di Riau untuk tingkat perguruan tinggi. Dalam acara wisuda Unilak, para lulusan datang menggunakan kendaraan dan berhenti satu per satu di depan lobi rektorat.

Protokol kesehatan diterapkan dalam acara tersebut. Peserta wisuda wajib menggunakan maskerdan dicek suhu tubuhnya. Prosesi wisuda juga dipersingkat. "Wisuda ini digelar selama tiga dan dibagi dalam dua sesi pagi dan siang untuk hindari kerumunan massa. Sehari sebelumnya, kita sudah melakukan penyemprotan disinfektan yang dibantu oleh Polda Riau," kata Junaidi.

Baca juga: Unilak Riau batalkan wisuda untuk cegah penyebaran virus Corona, bagaimana selanjutnya?

Ia mengatakan bahwa pandemitidak memungkinkan acara wisuda sebagaimana biasa dilakukan, karena itusenat universitasmemutuskan menggelar acara wisuda lantaturdengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mendoakan wisudawan sukses dalam dunia kerja, terus tingkatkan pengembangan diri. Saya berharap wisuda untuk bergabung dengan alumni serta menjaga nama baik Universitas Lancang Kuning sehingga dapat mewujudkan Unilak unggul,” kata Junaidi.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang menyampaikan sambutan lewat video dalam acara wisuda tersebut, berharap para wisudawan bisa berkontribusi dalam program pembangunan pemerintah.

"Saya percaya alumni Unilak terus bisa mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan bagi Riau dan Indonesia. Semoga Unilak terus unggul,” kata Syamsuar.

Baca juga: Uniknya "Raye Drive Thru" di kampus Unilak saat PSBB di Pekanbaru

Baca juga: Tiga robot mewakili lulusan Undip dalam acara wisuda secara daring