Luar biasa, robot humanoid ini mulai bantu urusan birokrasi di Rusia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, robot

Luar biasa, robot humanoid ini mulai bantu urusan birokrasi di Rusia

Robot yang membantu urusan birokrasi di Perm, Rusia, 9 Juli 2020. (via REUTERS/Promobot)

Jakarta (ANTARA) - Robot dengan tampilan serupa manusia yang dibuat mirip pramuniaga perempuan mulai membantu layanan publik di kantor pemerintah Siberia.

Dilansir Reuters, humanoid dengan rambut pirang panjang dan mata cokelat ini melayani konsumen di kota Perm, 1.100 km sebelah timur Moskow.

Baca juga: Robot asmara yang dibekali kemampuan kecerdasan buatan berpotensi bunuh pemiliknya

Sejauh ini, robot tersebut hanya membantu mengeluarkan surat berkelakuan baik dan surat keterangan bebas narkoba, dokumen yang dibutuhkan di Rusia untuk melengkapi berbagai transaksi legal.

Robot ini dirancang terlihat seperti perempuan Rusia pada umumnya, kata perusahaan Promobot yang membuat proyek tersebut. Fitur wajah robot dihasilkan kecerdasan buatan yang menganalisis penampilan dari beberapa ribu perempuan.

Robot yang mengenakan seragam kantor putih dengan rompi cokelat ini bisa membuat lebih dari 600 ekspresi manusia dengan menggerakkan mata, alis, bibir dan otot mekanik lain yang dilapisi kulit artifisial, kata Promobot.

Robot ini bisa bertanya dan menjawab pertanyaan umum serta terhubung dengan pemindai dan printer. Robot tersebut juga punya akses ke database dokumen dan menggantikan kerja karyawan yang mengurus pendaftaran, kata kepala kantor pendaftaran, Leonid Gromov.

Baca juga: Denmark kembangkan robot otomatis untuk "swab test" COVID-19

Baca juga: Restoran di Belanda jadikan robot pramusaji untuk mengantarkan minuman kepada pegunjung


Pewarta : Nanien Yuniar