Pulau Nias yang belum terkena COVID-19 di Sumut

id COVID-19, COVID-19 di Sumut, Pulau Nias, positif COVID-19, Labuhaanbatu, Padanglawas Utara, GTPP COVID-19 Sumut, Pemprov

Pulau Nias yang belum terkena COVID-19 di Sumut

Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah. (ANTARA/Evalisa Siregar)

Medan (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi SumateraUtara menyebutkan, dari 33 kabupaten/kota di daerah itu, hanya kawasan Pulau Nias yakni Kabupaten Nias, Nias Utara ,Nias Barat dan Nias Selatan yang belum terjangkit virus asal Wuhan, China itu.

"Nias Selatan, memang ada ODP (orang dalam pantauan) sejumlah 291 orang, tapi tidak ada PDP (pasien dalam.pengawasan) dan termasuk positif COVID-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah di Medan, MInggu.

Sementara di Nias, Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat tidak ada ODP, PDP dan positif.

Meski tidak ada pandemi COVID-19 di kawasan Pulau Nias itu, GTPP COVID-19 Sumut, ujar Aris, tetap melakukan sosialisasi dan terus memantau ketat daerah itu.

"Harapannya, Nias benar -benar bersih dari pandemi COVID-19.Pemerintah dan masyarakat Nias diminta tetap mengawal agar Nias 'steril' dari pandemi COVID-19," ujarnya.

Menurut dia, sesuai data.per 9 Mei 2020, selain kawasan Nias yang tidak terjangkit COVID-19, Kabupaten Padanglawas Utara dan Labuhanbatu tercatat sangat sedikit terkena COVID-19.

Di Padanglawas Utara, misalnya hanya memiliki satu orang PDP, sementara di Labuhanbatu tercatat satu PDP dan satu positif COVID-19 (RT -PCR).

Aris mengakui, hingga saat ini, pandemi COVID-19 paling besar di Sumut adalah Kota Medan.

Di Kota Medan jumlah ODP ada 13, PDP 92, positif 132 dan meninggal dunia dengan status positif COVID-19 sebanyak 12 orang.

Kemudian disusul Deliserdang dengan ODP 16, PDP 21, positif 20 dan meninggal empat orang, serta Simalungun masing -masing ODP 31, PDP 13 dan positif tiga orang.

Secara total kasus COVID-19 di Sumut per 9 Mei 2020, masing-masing ada ODP sebanyak 1.l403 orang, PDP 158, positif 179 dan meninggal 21 orang.

Baca juga: Bocah Nias Selatan hilang di Pantai Sirombu

Baca juga: SBY Unggah Kisahnya Tentang Tsunami Aceh-Nias Di Facebook