Petani Inhu lega produksi padi aman

id Masyarakat petani bangga produksi padi aman,petani inhu, berita inhu

Petani Inhu lega produksi padi aman

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten lndragiri Hulu Paino. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat - Indragiri Hulu (ANTARA) - Masyarakat petani Indragiri Hulu masih bangga dan lega karena hasil produksi padi 2020 aman, tidak terpengaruh dari pandemi COVID-19, sehingga kebutuhan pangan di daerah masih stabil.

"Dampak COVID-19 belum mempengaruhi hasil panen pertanian warga," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupatenlndragiri Hulu Paino di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, setakat ini kondisi produksi padi di wilayah Inhu masih normal, corona tidak mempengaruhi tanaman padi sehingga petani dalam keadaan aman, ada sejumlah wilayah kecamatan yang kehidupan masih berlandaskan padi sawah tidak perlu risau.

Namun, tahun 2020 akan ada kegiatan yang ditiadakan, seperti acara panen raya, karena itu merupakan salah satu upaya pengumpulan orang ramai, sesuai arahan pemerintah agar meniadakan perkumpulan untuk memutuskan rantai pandemii covid-19.

" Walaupun demikian, Petani harus tetap waspada corona, himbauan terus dilakukan oleh instansi terkait," sebut Paino.

Paino optimistis masyarakat Indragiri Hulu tidak kekurangan pangan, selain sudah dijamin dari Bulog akan ketersediaan bahan pokok untuk beberapa bulan ke depan, juga kondisi produksi padi meningkat.

Sejumlah warga masih ada kehidupan bergantung dari hasil pertanian padi, instansi pemerintah terus melakukan pemantauan, komunikasi terhadap petani agar kondisi tetap aman.

Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto berharap semua masyarakat Inhu tetap taat aturan pemerintah, walaupun kondisi pandemi virus corona, sebaiknya usaha juga tidak ditinggalkan terutama bagi petani padi agar panen tetap optimal.