KLH Lakukan Uji Emisi Kendaraan Di Pekanbaru

id klh lakukan, uji emisi, kendaraan di pekanbaru

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Kementerian Lingkungan Hidup melakukan uji emisi kendaraan di Kota Pekanbaru, Riau, untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota itu.

Kasubid Pengembangan Evaluasi Kebijakan Transportasi Air dan Udara Kementerian Lingkungan Hidup Endang Hidayat di PekanbarU, Rabu, mengatakan, uji emisi diadakan di tiga titik lokasi, yakni Jalan Diponegoro, Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Arifin Ahmad, selama 20 - 22 September 2011.

"Kami mengadakan uji emisi di Pekanbaru selama tiga hari di tiga titik lokasi, dan bagi yang kendaraan yang tidak lulus emisi akan kami minta dibawa ke bengkel secepatnya, dan bagi yang lulus uji emisi akan mendapat surat keterangan lulus uji emisi," katanya.

Menurut dia, uji emisi kendaraan ini juga bermanfaat bagi kesehatan lingkungan serta bagi para pengendara.

"Pihak pemilik kendaraan juga akan mendapat keuntungan karena mereka akan tahu apa kerusakan mobilnya," katanya

Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai respons dari masalah pencemaran udara di Indonesia.

Ia mengatakan, KLH melakukan pemantauan kualitas bahan bakar minyak jenis bensin dan solar di SPBU di 5 Kota dan 5 depo di Tanah Air agar bahan bakar yang dikonsumsi masyarakat dapat dikontrol kualitasnya.

Ia mengatakan untuk saat ini Kota Pekanbaru termasuk salah satu daerah dengan pencemaran udara cukup tinggi yang diakibatkan oleh kendaraaan bermotor.

"Untuk mengontrol kendaraan masyarakat di Kota Pekanbaru inilah kami mengadakan uji emisi kendaraan," jelas Endang.