Presiden Prancis dan Kanselir Jerman sambut baik pertukaran tahanan di Ukraina

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Presiden Prancis

Presiden Prancis dan Kanselir Jerman sambut baik pertukaran tahanan di Ukraina

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan Kanselir Jerman Angela Merkel meninggalkan tempat untuk menghadiri rapat di Istana Elysee di Paris, Prancis, Selasa (26/3/2019). (ANTARA FOTO/REUTERS/Philippe Wojazer)

Paris (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel, melalui pernyataan bersama, menyambut baik pertukaran tahanan yang diselesaikan antara pemerintah Ukraina dan pasukan separatis pro-Rusia di Ukraina timur pada Minggu (29/12).

Para tahanan yang tersisa dalam konflik lima tahun diantarkan ke titik pertukaran di Donbass, kawasan yang memisahkan diri, dalam pertukaran yang disepakati oleh para pemimpin Ukraina dan Rusia dalam KTT di Paris awal Desember.

Baca juga: 5.165 napi di Riau diusulkan peroleh remisi Idul Fitri

"Pertukaran tahanan yang rampung hari ini merupakan langkah kemanusiaan yang telah lama dinantikan," menurut pernyataan bersama Macron dan Merkel, yang dirilis oleh kantor kepresidenan Prancis.

"Berdaarkan keputusan yang diambil pada KTT Paris, pertukaran tahanan kini harus diikuti oleh penerapan gencatan senjata secara komprehensif," demikian bunyi pernyataan itu.

Baca juga: Polisi tangkap delapan dari sembilan tahanan kabur'

Baca juga: Tahanan saling tembak di penjara dekat Kota Panama, sedikitnya 12 tahanan tewas 13 terluka

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari