Indra Sjafri: Utamakan mental dan spiritual pesepakbola

id indra sjafrie, sepakbola

Indra Sjafri: Utamakan mental dan spiritual pesepakbola

Indra Sjafri. (ANTARA/Ramadhani Indah Al Dillah)

Pekanbaru (ANTARA) - Indra Sjafri bersama PT Pegadaian dan PT Perkebunan Nusantara V Pekanbaru mengkampanyekan pelatihan Grassroot Football yang melatih mental dan spiritual bibit pesepakbola.

"Mental dan spiritual menjadi modal besar seorang pemain sepakbola dengan didukung bakat dan kemampuan dari kerja keras di setiap latihan," kata Pelatih Tim Sepakbola Nasional Indonesia U-23 itu di Pekanbaru, Kamis (26/12).

Ia menjelaskan, pelatihan Grassroot Football atau pelatihan sejak dini usia 6-12 tahun selain melatih teknik juga mendidik mental anak untuk memahami nilai-nilai yang lebih dalam tentang bermain sepakbola.

"Sepakbola bukan hanyaperihal kalah dan menang tetapi belajar menjadi manusia unggul yang memiliki moral serta mencerminkan budaya bangsa," lanjutnya.

Indra bersama Pegadaian juga membekali edukasi pengelolaan uang dengan baik kepada anak-anak yang memiliki minat dengan sepakbola dan pemain sepakbola profesional lainnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah PT Pegadaian Pekanbaru, Muhammad Nurkasan mengatakan Pegadaian hadir di tengah masyarakat dengan berbagai program yang fokusnya membina dan menginformasikan bahwa Pegadaian ada untuk membantu masyarakat.

"Sepakbola permainan yang menyentuh seluruh lapisanmasyarakat, jika dikelola dengan baik diyakiniakan membawa pengaruh positif bagi kehidupan sosial dan berbangsa secara luas," katanya.

Pengelolaan yang baik ini dimulai dari penanamam karakter pada bibit pemain sepakbola dalamGrassroot Football Festival di lapangan PT Perkebunan Nusantara 5 di Jalan Rambutan, Pekanbaru.

Festival ini diikuti sekitar 50 pelatih dengan target 400 anak didik dari seluruh Sekolah Sepakbola di Riau.

Pekanbaru menjadi kota ke tujuh dalam dua tahun terakhir yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan yang sebelumnya telah diselenggarakan di Kota Medan, Bandung, Balikpapan, Denpasar,Makassar dan Semarang.