Unisi Tembilahan jalin Kerjasama Dengan Malaysia

id unisi tembilahan, jalin kerjasama, dengan malaysia

Tembilahan, 11/12 (ANTARA) - Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan menjalin kerjasama dengan University Tun Hussen Onn Johor, Malaysia sebagai ujud untuk meningatkan peran Tembilahan sebagai kota pendidikan di Riau.

Menurut Bupati Indragiri Hilir, Indra Muchlis Adnan yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Unisi Tembilahan, Sabtu, merupakan sebuah ambisi besar menjadikan Tembilahan, ibukota Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai Kota Pendidikan dan itu sebabnya di kawasan ini telah berdiri beberapa perguruan tinggi, termasuk Unisi Tembilahan.

Ia mengatakan, di kabupaten yang dipimpinnya itu telah berdiri beberapa perguruan tinggi yang memiliki ribuan mahasiswa.

"Keberadaan perguruan tinggi ini bagi mewujudkan Tembilahan sebagai Kota Pendidikan," ungkap Bupati Indra.

Ia melanjutnya, diharapkan dari lembaga pendidikan tinggi ini akan melahirkan lulusan yang mumpuni dan siap berkiprah dalam pembangunan di Inhil, serta siap bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya di luar Inhil.

Maka, kedepan kualitas tenaga dosen yang mengajar di Unisi Tembilahan akan terus ditingkatkan, para tenaga pengajar nantinya minimal lulusan S2.

"Pada tahun 2012 kami menerapkan tenaga pengajar di Unisi minimal tamatan S2, ini bagi peningkatan mutu lulusan nantinya," imbuhnya.

Ia mengistilahkan tamatan S1 yang mengajar mahasiswa S1 merupakan 'jeruk makan jeruk'.

Untuk itu, lanjutnya, maka seluruh tenaga pengajar di Unisi harus meningkatkan strata pendidikannya. Hal ini juga bagian dari pembenahan dan peningkatan kompetensi tenaga pengajar di Unisi.

"Kerjasama dengan University Tun Hussen Onn Johor, Malaysia, ini untuk memudahkan tenaga pengajar dan mahasiswa yang telah lulus dari Unisi dapat belajar kesana," sebutnya.

Ia menginginkan dari kerjasama ini akan memberikan dampak signifikan bagi perkembangan dunia pendidikan di Inhil. Terutama dalam mewujudkan Tembilahan sebagai Kota Pendidikan.