KPU Siak tetapkan jadwal kampanye rapat umum terbuka

id Pemilu 2019,Kapu update,Kpu siak,Kampanye pilpres 2019,Kampanye pemilu 2019,Berita hari ini,Berita riau terbaru,Berita riau antara,Berita riau terkini

KPU Siak tetapkan jadwal kampanye rapat umum terbuka

Jadwal kampanye parpol di Siak (bayu/antara)

Siak, Riau (ANTARA) - Komisi Pemihan Umum Kabupaten Siak, Riau, telah menetapkan jadwal dan tempat kampanye rapat umum partai politik di wilayah setempat dengan format menyesuaikan berdasarkan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden.

"Jadwal rapat umum ini disusun bersama parpol, menyesuaikan dengan capres yang didukung atau diusung. Waktunya 21 hari mulai Minggu (24/3) ini sampai 13 Maret," kata Komisioner KPU Siak, Agus Haryanto di Siak, Ahad.

Jadwal tersebut, lanjutnya, dilakukan di setiap daerah pemilihan DPRD Kabupaten Siak. Pada setiap dua hari jadwal tersebut yang berkampanye hanyalah para partai pengusung capres/cawapres tertentu.

Misalkan pada kampanye dua hari ini Minggu-Senin (24-25/03) yang melaksanakannya adalah partai-partai pengusung Capres/Cawapresnomor urut 02. PrabowoSubianto/Sandiaga Uno. Kampanye rapat umum tersebut dilakukan di empat daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Siak.

Parpol pendukung dan pengusung Prabowo-Sandi sendiri hanya berjumlah lima, sedangkan dapil ada empat. Maka tidak akan cukup dibagi rata sehingga dibagi tiga akan ada satu partai yang mendapat dua kali.

Itupun masih akan tersisa dua hari dan satu dapil. Solusinya kemudian itu diberikan kepada Partai Garuda yang tidak mengusung capres/cawapres manapun.

Kemudian setelah dua hari ini, maka dua setelahnya giliran partai pendukung dan pengusung capres/cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maaruf Amin yang melaksanakan kampanye. Parpol tersebut jumlahnya delapan dan jika kampanye pada dua hari di empat dapil maka pembagiannya sesuai.

"Rapat umum berbeda dengan kampanye dialogis terbatas karena ini akbar, bisa mengumpulkan ribuan orang yang tak terbatas pesertanya. Tempatnya juga sudah diberikan pilihan setiap dapilnya yakni di lapangan terbuka," ujar Agus.