Toyota bukukan penjualan 82.167 unit kendaraan

id Toyota,penjualan kendaraan Toyota,Avanza

Toyota bukukan penjualan 82.167 unit kendaraan

Toyota bukukan penjualan 82.167 unit kendaraan (Antaranews/Frislidia)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Agung Toyota membukukan penjualan sebanyak 82.167 unit untuk jenis kendaraan, Avanza yang tetap mempertahankan market leader nasional di segmen low MPV dan sebagai mobil terlaris sepanjang tahun 2018.

"Pada tahun 2019, manajemen optimistis akan memimpin pangsa pasar sebesar 40-42 persen rata-rata perbulan terkait diluncurkannya new Avanza dan new Veloz, dengan harga tetap," kata General Manager Marketing Toyota Daning Nursilasari di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan itu, sehari setelah resmi diluncurkan new Avanza dan new Veloz di Jakarta 15 Januari 2019, Toyota langsung meluncurkan produk terbaru itu di Pekanbaru, dilakukan Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto bersama Area GM wilayah 2 PT Toyota Astra Motor Dedi Hendriadi, Regional Manager Wilayah Barat Agung Toyota Himawan Wahyu Wardhana, serta para branch manager Agung Toyota di Riau.

Menurut Daning, peluncuran di ajang Toyota Expo yang dilaksanakan 16-20 Januari 2019 itu dilaksanakan di lim mall sekaligus yakni SKA, Ciputra, Living World, MP dan Transmart. Expo juga dilaksanakan di seluruh kantor cabang yang ada di Riau.

Ia mengatakan, penampilan New Avanza dan New Veloz ini melengkapi 25 unit jenis Toyota yang ditampilkan selama expo. Kehadirannya diharapkan mampu mengikuti kesuksesan pendahulunya yang tercatat bertahan di posisi teratas penjualan mobil terlaris sejak diperkenalkan akhir 2003 dan resmi dipasarkan tahun 2004.

"Selama periode tersebut, Avanza berhasil membukukan penjualan di Indonesia sebaknyak 1,7 juta unit," katanya.

Daning menjelaskan, perubahan mendasar terlihat pada bagian depan yang tampak semakin lebih mewah, kokoh, stailis modern dan kabin dalam lebih senyap karena suara dari luar makin teredam. Perubahan mencolok terlihat pada empat lampu headlamp yang dibelahmengekspresikan desain yang mewah. Demikian pula headlampnya yang menggunakan lampu LED dan ditunjang dengan disain gamish yang menarik mampu mengekspresikan sorotan yang tajam dan ramping.

Fender lebar memberikan penampilan yang lebih berkelas dan stabil, bumper depan tampil kian berkarakter dipadu dengan desain rumah lampu kabut yang tajam menonjolkan desain yang kuat dan modern. Garis bodi yang melewati lampu depan terus ke samping telah memberikan kesan penampilannya menjadi lebih panjang dibandingkan pendahulunya. Penyegaran pada roda (velg) makin memperkuat penampilan New Avanza makin berkelas.

"Sisi interior hadier dengan warna yang mewah serta cover seat baru. Desain center cluster dan AC control juga mengalami penyegaran. Semua varian menggunakan console box yang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2) dan USB port (row 3). Semua varian Veloz kini menggunakan fitur teknologi lampu follow me home light yang memberikan pencahayaan saat malam hari untuk pemilik kendaraan pada saat memasuki hunian," kata Daning.

Ditambahkannya, head unit pada semua varian NewVeloz dan sebagian New Avanza menggunakan touchscreen, steering switch. Semua varian menggunakan sistem audio dengan 6 speaker. Selain itu, semua varian Veloz dan Avanza 1.5 G head unit, security system back sensor dan outer mirror-nya juga telah menggunakan integrated system.

Kedua produk baru ini lebih senyap dibandingkan pendahulunya karena improvement pada insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang m floor serta dash panel pada bagian depan sehingga suara kian kedap memberikan kenyamanan ekstra untuk seluruh penumpang.

Menurut Henry Tanoto, berbagai kelebihan yang dimiliki new Avanza dan new Veloz menjadikan mobil ini tetap sebagai pilihan setianya. Sentuhan yang kami berikan senantiasa didasarkan pada kebutuhan pasar,” ujar Henry Tanoto.

Meskipun persaingan sangat ketat, katanya menyebutkan, posisi Avanza belum tergoyahkan, bahkan pada tahun 2018 Avanza membukukan penjualan sebanyak 82.167 unit secara nasional sedangkan 2.139 di antaranya penjualan disumbangkan dari Riau.

Himawan menyebutkan, bahwa perubahan dan penambahan fitur tersebut tidak diikut kenaikan harga dibandingkan generasi sebelumnya. “Harganya tetap, yakni mulai dari Rp198.250.000 hingga Rp246.000.000 dari berbagai tipe," kata Himawan.

Sementara itu terkait target penjualan, Aulia Muhammad branch manager SM Sutomo, sekaligus ketua panita expo menyebutkan berharap dapat menjual 500-700 unit. Pihaknya juga memberikan promo-promo dan bertabur hadiah menarik kepada seluruh pelanggan yang membeli saat Expo berlangsung. Agung Toyota juga mengundang seluruh komunitas kendaraan Toyota sehingga menjadi ajang kopi darat dan silaturahmi para komunitas di Riau maupun di luar Riau.

"Kami juga mengundang pengunjung mall untuk mengikuti acara yang meriah seperti lomba maumere, teachers singing contest, seminar kesehatan mental bersama psikolog dan juga DJ performance lagu 80-an," ujar Aulia.