MURI Nobatkan Yopie Arianto Sebagai Bupati Termuda

id muri nobatkan, yopie arianto, sebagai bupati termuda

Pekanbaru, 3/8 (ANTARA) - Museum Rekor Dunia Indonesia menobatkan Bupati Indragiri Hulu Yopie Arianto sebagai bupati termuda di Indonesia dengan umur 30 tahun tiga bulan 23 hari.

Penganugerahan penghargaan tersebut diserahkan perwakilan MURI J. Nardi Muri bertepatan dengan pelantikan Yopie dan wakilnya Harman Harmaini di Pematang Reba Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Selasa.

Muri mencatat, penobatan ini sekaligus mematahkan rekor bupati termuda yang dipegang Rusdi Masse, Bupati Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan, yang lahir pada 3 Maret 1973 atau lebih tua 7 tahun dari Yopie.

"Semuanya sudah diatur Yang Maha Kuasa dan tidak lepas dari peran orang tua serta dukungan sahabat. Saat berumur 29 tahun, saya diberi kesempatan menjabat sebagai anggota DPRD Riau. Pada usia 30 tahun, saya menjadi Bupati Indragiri Hulu," kata Yopie.

Kemenangan Yopie, yang juga Ketua DPD II Golkar Indragiri Hulu, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 3 Juni lalu mengejutkan banyak pihak karena Yopie dinilai masih terlalu muda dan belum juga menikah saat menyatakan diri maju sebagai bupati.

Yopie mengakui sempat kesulitan menjawab pertanyaan konstituen pada masa kampanye perihal statusnya yang masih lajang. Namun pertanyaan tersebut akhirnya dijawab dengan menyunting perwira polisi Inspektur Satu (Iptu) Resina pada pertengahan Meli lalu.

Gubernur Riau Rusli Zainal dalam sambutannya pada pelantikan mengatakan bahwa terpilihnya Yopie tidak terlepas dari kedewasaan berpolitik masyarakat Indragiri Hulu. Hal itu juga bisa dilihat dari penyelenggaran pesta demokrasi yang berjalan aman dan tertib.

Rusli berharap usia bupati terpilih yang relatif muda bisa memberikan semangat untuk berlangsungnya pemerintahan dan program pembangunan bagi kemajuan di daerah.

"Saya harapkan saudara Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat bersama-sama menjaga amanah ini dan mengakomodasi aspirasi masyarakat serta mengimplementasikan program pembangunan dengan baik," ujar Rusli Zainal.