15 Jamaah Calon Haji Pekanbaru Berangkat Sehari Lebih Cepat, Kenapa ya?

id 15 jamaah, calon haji, pekanbaru berangkat, sehari lebih, cepat kenapa ya

15 Jamaah Calon Haji Pekanbaru Berangkat Sehari Lebih Cepat, Kenapa ya?

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Pekanbaru memberangkatkan 15 orang Jamaah Calon haji ke Embarkasi haji Batam Provinsi Kepulauan Riau lebih cepat satu hari dari jadwal sebelumnya.

"Ini demi kelancaran ibadah haji para CJH tersebut," Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru, Defizon di Pekanbaru, Senin.

Defizon menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan karena 15 orang jamaah tersebut membutuhkan perhatian khusus lantaran terdapat orang tua dan jamaah yang sakit.

Lebih jauh Defizon menjelaskan bahwa pemberangkatan tersebut juga bertujuan agar jamaah yang sakit tersebut dapat memanfaatkan waktu mereka untuk beristirahat sambil menunggu jamaah dari kloter yang sama. Sehingga persiapan serta perbekalan dari jamaah tersebut dapat dilakukan tanpa harus berebut dengan jamaah yang sehat dan masih muda.

Lima belas orang calon haji yang diberangkatkan lebih awal tadi tergabung dalam kloter 6 yang seluruhnya berjumlah 45 orang CJH. Nantinya 30 orang CJH tersebut akan bergabung dengan CJH asal Kabupaten Kampar untuk diberangkatkan ke embarkasi haji Batam. Setelah itu pada keesokan harinnya (25/7), para jamaah tersebut akan diberangkatkan ke tanah suci.

"Biar mereka bisa istirahat sambil memulihkan kondisi kesehatan," imbuhnya.

Sejauh ini Defizon mengaku belum menemukan kendala dalam pemberangkatan tersebut. Pasalnya pihak Kemenag telah memaksimalkan persiapan dari para tamu Allah tersebut sejak jauh-jauh hari.

Sedangkan terkait kondisi kesehatan pada CJH tersebut adalah hal yang di luar dugaan. Kendati bukanlah penyakit yang harus memaksa jamaah untuk beristrirahat penuh, namun demi kelancaran ibadah maka pihak Kemenag memberlakukan pemberangkatan lebih awal bagi 15 calon haji tersebut.

Defizon berharap agar dalam pemberangkatan kali ini tidak ada lagi permasalahan yang ditemukan. Selain masalah kesehatan, pihak Kemenag mengimbau kepada seluruh CJH untuk memperhatikan barang bawaan. Hal ini berkaita dengan aturan soal barang yang boeh dibawa dan barang yang dilarang untuk dibawa. Pasalnya pada tanggal 18 Juli lalu Kemenag Pekanbaru memberangkatkan 440 CJH asal kota tersebut. Dalam pemberangkatan pertama tersebut pihak Kemenag menemukan sejumlah senjata tajam dan bahan makanan cair dalam tas para CJH tersebut.

"Inikan demi kenyamanan serta keamanan kita bersama. Kalau ada masalah kan yang susah kita juga", jelas Defizon.***4***