Pemkab Inhu Kembali Raih WTP dari BPK RI

id pemkab inhu, kembali raih, wtp dari, bpk ri

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, kembali mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia, prestasi ini sangat mengembirakan banyak pihak dan memberikan motivasi kerja semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah setempat.

"Semua pihak harus bangga dan ini bukti semakin tinggi kinerja," kata Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto di Rengat, Sabtu.

Bupati mengatakan, penghargaan WTP sudah kedua kalinya diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) secara berturut - turut, perolehan pada 2018 adalah hasil penyusunan dan penyajian laporan keuangan tahun 2017 sesuai dengan standarisasi.

Anggota V BPK RI Ismayatun dalam Rapat Paripurna Istimewa Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru, menyatakan itu dan meminta untuk terus dipertahankan.

" Pemberitahuan WTP pada Jumat 18 Mei 2018," sebutnya.

Hadir dalam acara itu, Anggota V BPK RI Isma Yatun MT, Auditor Utama (Tortama) V BPK RI Bambang Pamungkas, Ketua BPK RI Perwakilan Riau Harri Purwaka, Bupati Inhu Yopi Arianto, Plt Sekda Inhu Hendrizal, Kadiskominfo Inhu Jawalter, Kabag Protokoler Supandi, dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Menurutnya, penyerahan LHP langsung dilakukan oleh Anggota V BPK RI Isma Yatun kepada Bupati Inhu Yopi Arianto yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hulu Hendrizal dan Wakil Ketua Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu Sumini.

Bupati Inhu Yopi Arianto mengucapkan terima kasih kepada BPK RI yang telah memberikan pembinaan kepada Pemkab Inhu sehingga berhasil meraih WTP untuk yang kedua kalinya secara beruntun.

Anggota V BPK RI Isma Yatun mengatakan, prestasi yang diraih Inhu sebaiknya tetap dipertahankan, hasil pemeriksaan BPK RI, memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintan Indragiri Hulu yang telah berhasil mempertahankan opini WTP, hendaknya dapat mendorong lebih terciptanya Akuntabilitas dan Transparansi keuanga daerah.

"Ini prestasi, semua daerah mengejar hal yang sama," ujarnya.

Dijelaskannya, tahun 2018 merupakan tahun kedua secara berturut - turut Kabupaten Inhu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Riau dibawah kepemimpinan Bupati Inhu Yopi Arianto, salah satunya atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) penggunaan APBD Tahun 2017.

"Capaian luar biasa ini merupakan perjalanan panjang dari keseriusan menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang efektif, dapat dipertanggungjawabkan," terangnya. ***4***